Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Wali Kota Jaktim serahkan bantuan bedah rumah sebesar Rp760 juta
Penyerahan bantuan bedah rumah Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana kepada warga. (ICHSAN)
DKI

Wali Kota Jaktim serahkan bantuan bedah rumah sebesar Rp760 juta 

LENSAINDONESIA.COM: Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana menyerahkan bantuan program bedah rumah dari Badan Amil, Zakat, Infaq dan Sadaqah (BAZIS) Jakarta Timur kepada 26 warga kurang mampu, di Musholla Nurussiyam RW 03 Kelurahan Kalisari, Kecamatan Pasar Rebo. Total bantuan yang dsierahkan sebesar Rp760 juta.

Penyerahan bantuan itu didampingi Kepala BAZIS Jakarta Timur Dwi Busara, Sekretaris Kecamatan Pasar Rebo Panangaran Ritonga, Lurah Kalisari Suwindarto dan Ketua RW 03 Kelurahan Kalisari Mariyanto pada Jumat (27/10/17) kemarin.

Wali Kota Jakarta Timur Bambang Musyawardana menyampikan terima kasih kepada BAZIS Jakarta Timur yang telah membantu warga tidak mampu di wilayah Jakarta Timur. “Sudah 150 rumah yang dibedah dari program Bedah Rumah BAZIS Jakarta Timur. Semoga kedepannya lebih banyak lagi warga yang terbantu,” katanya.

Bambang menambahkan, bantuan yang diserahkan untuk setiap rumah sebesar Rp 25 juta dan ada pula yang Rp 30 juta, sesuai dengan besar kecilnya kerusakan rumah yang akan dibedah. “Memang uang itu belum cukup, tetapi ini hanya awalan saja, diharapkan warga sekitar juga secara gotong royong memberi bantuan kepada tetangganya, agar dapat tinggal dirumah yang layak,” ujarnya.

Bambang menerangkan, kriteria rumah yang dapat program bantuan ialah rumahnya tidak layak huni atau rusak dan juga warga tersebut tidak mampu. Untuk itu diharapkan warga yang mampu dan mempunyai rejeki yang berlebih, agar tidak ragu memberikan 2,5 persen kepada BAZIS Jakarta Timur.

“Pengelolaan kami jelas dan terinci semuanya, jadi jika ada usulan RT/RW, Lurah atau warga langsung kami survey dan berikan bantuan jika memang membutuhkan,” terangnya.

“Hingga saat ini bantuan bedah rumah dari program BAZIS Jakarta Timur sudah 150 rumah yang mendapatkan bantuan dengan total nilai Rp 4,42 milyar,” kata Kepala BAZIS Jakarta Timur Dwi Busara, Sabtu (28/10/17)

Baca Juga:  Sidang pengusaha serobot tanah rakyat 20Ha, 5 Kades akui jual ke Puskopkar Jatim

Dirinya berharap warga Jakarta Timur yang mampu bisa menyisihkan sedikit rejekinya kepada BAZIS Jakarta Timur. “Dana ZIS yang dikelola BAZIS nantinya akan dimanfaatkan untuk membantu warga yang kurang mampu, sehingga seluruh warga yang tidak mampu dapat terbantu dan meringankan beban mereka,” ucap Dwi Busara

Ungkapan terima kasih juga diberikan Ketua RW 03 Kelurahan Kalisari Mariyanto kepada Walikota Jakarta Timur dan BAZIS.Mariyanto menjelaskan, sebenarnya masih ada warganya yang perlu dibantu dalam program bedah rumah. “Kedepan akan kami usulkan dan semoga warga kami yang layak menerima bantuan dapat terbantu,” jelasnya

Fatimah (57 tahun), salah satu penerima bantuan yang tinggal di Jalan Lestari, RW 03 Kelurahan Kalisari, mengaku bahagia mendapatkan bantuan program bedah rumah. “Alhamdulilah dan terima kasih kepada bapak Walikota dan BAZIS Jakarta Timur yang membantu rumah saya untuk di renovasi, saya senang karena rumah saya, akhirnya doa saa terkabul oleh Allah SWT,” ucapnya sambil menitikkan air mata haru.

Fatimah mengaku, suaminya hanya pedagang buah pisang keliling. Penghasilannya pun hanya cukup untuk makan sehari-hari. “Jadi saya tidak ada uang untuk renovasi rumah, saya senang rumah saya nantinya akan diperbaiki sehingga tidak terjadi lagi genteng rumah menimpa ke kepala saya lagi, disaat hujan banjir masuk kerumah dan tergenang, semoga nanti saya tidak merasakan itu lagi,” tukasnya. @Ichsan