LENSAINDONESIA.COM-Pagelaran pekan budaya dan jajanan Kota Bekasi yang digelar selama dua hari 28 -29 Oktober 2017 dalam rangka HUT IPSI Kota Bekasi, dihadiri putra pertama Mantan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pada malam puncak penganugerahan Rekor MURI 3000 pendekar silat secara serempak memainkan jurus tunggal golok, di Stadion Patriot Chandrabaga, Minggu (29/10/2017).

Kehadiran AHY bersama rombongan DPC Demokrat Kota Bekasi, semakin menambah seru suasana pekan budaya ini. Selain dihadiri AHY, Sesepuh Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Mayjen (Purn) Eddie Marzuki Nalapraya, Pengurus Besar IPSI Pusat, Pengurus IPSI Jabar dan Kepala Dinas Pariwisata dan Budaya Kota Bekasi, serta tokoh masyarakat Kota Bekasi.

AHY pun mendapat gelar sebagai Pendekar Muda Indonesia Emas, sebagai bentuk penghargaan sebagai tokoh muda yang peduli terhadap pelestarian budaya seni beladiri pencaksilat Indonesia.

Mendapat penghargaan ini, AHY mengaku bangga atas kepercayaan IPSI kepada dirinya yang dinobatkan sebagai pendekar muda Indonesia emas. Ia pun berharap agar seni tradisional pencak silat ini terjaga dan dilestarikan oleh penerus anak bangsa karena pencak silat merupakan akar budaya nusantara dengan nilai-nilai peradaban tinggi adat ketimuran yang selaras dengan kehidupan berbangsa dan bernegara di dalam masyarakat Indonesia.

“Semangat juang yang terkandung dalam seni pencak silat ini mampu menjadikan pemuda Indonesia untuk bersikap pantang menyerah dan berjiwa besar sebagai motor perubahan serta bersikap sportif,” ucap AHY sekaligus memberi semangat bagi pemuda Indonesia dalam memaknai hari sumpah pemuda.

Sementara Ketua IPSI Kota Bekasi, Rahmat Syah menjelaskan tentang batalnya kehadiran Wakil Presiden (Wapres)Yusuf Kalla, lantaran sedang ada kegiatan penting yang berbenturan waktunya, yang sebelumnya diinformasikan akan menghadiri namun dibatalkan hadir di acara malam puncak penganugerahan Rekor MURI 3000 pendekar silat di Stadion Patriot Chandrabaga, Kota Bekasi.@sofie