Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kendaraan listrik bebas pajak! Ini alasannya
Menteri ESDM Ignasius Jonan mencoba sepeda motor listrik. FOTO: kementerian esdm
EKONOMI & BISNIS

Kendaraan listrik bebas pajak! Ini alasannya 

LENSAINDONESIA.COM: Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral usulkan beleid pembebasan pajak kendaraan bermotor (PKB) berikut bea balik nama kendaraan bermotor (BBN-KN) khusus kendaraan bertenaga listrik.

Hal tersebut dilakukan lantaran kendaraan listrik berjalan tanpa adanya mesin layaknya kendaraan bermotor berbahan bakar minyak.

Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral Ignasius Jonan mengatakan, usulan itu tertera pada draf Peraturan Presiden yang sedang disusun sebagai insentif pemerintah khusus untuk kendaraan listrik.

“Kami telah mengajukan PKB dan BBN-KB pada draf Perpres. Berikutnya draf Perpres ini akan dibahas. Pastinya nanti ada jawaban, apa usulan tersebut diterima atau tidaknya,” ujar Jonan di Gedung Kementerian ESDM, Jakarta Senin (30/10/2017).

Pembebasan PKB dan BBN-KN, lanjut Jonan, harga kendaraan motor listrik bisa lebih murah. Untuk itu, penggunaan kendaraan listrik perpindahannya bisa semakin cepat dibanding penggunaan kendaraan bermotor BBM.

“Langkah ini selain menekan polusi, juga akan mengurangi impor BBM yang sudah mencapai 1,6 juta barel,” tegas Jonan.

Pemberlakuan aturan tersebut, Kementerian ESDM tak perlu mengeluarkan insentif untuk industri motor listrik. Sebab pengembang akan mampu menjual listrik dan bersaing kendati tak dapat insentif dari Kementerian ESDM.@bis,Licom

Baca Juga:  Hanif Dhakiri jadi Plt Menpora