Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Ambon diguncang gempa, plafon Bandara Pattimura runtuh
Kondisi pusat perbelanjaan Maluku City Mall setelah Ambon diguncang gempa sebanyak 5 kali pada Selasa malam (31/10/2017). FOTO: kompas
HEADLINE UTAMA

Ambon diguncang gempa, plafon Bandara Pattimura runtuh 

LENSAINDONESIA.COM: Kerasnya guncangan gempa yang melanda walayah Kota Ambon dan sekitarnya pada Selasa malam (31/10/2017) mengakibatan plafon Bandara Pattimura runtuh.

Selain Bandara Pattimura, sejumlah fasilitas publik seperti Maluku City Mall, Ambon City Center dan Markas Kodam XVI Pattimura juga mengalami hal serupa.

Gempa yang mengguncang wilayah Provinsi Maluku ini terjadi sebanyak 5 kali dalam waktu yang berdekatan.

Gempa dengan magnitudo bervariasi antara 4 hingga 6,2 itu terasa sangat kuat dan membuat warga Kota ketakutan. Warga pun berhamburan keluar rumah dan gedung-gedung untuk menyelamatkan diri dari reruntuhan.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulagan Bencana (BNPB) Sutopo Purwo Nugroho menyampaikan, hingga kini, belum ada laporan resmi soal korban jiwa maupun korban luka dalam peristiwa tersebut.

Sementara itu, berdasarkan data yang diterima Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), data kelima gempa tersebut adalah sebagai berikut:

– gempa pertama bermagnitudo 5,7 terjadi dengan pusat gempa di laut pada kedalaman 10 kilometer pada 50 kilometer barat daya Kota Ambon pada pukul 18.31 WIB.

– gempa kedua bermagnitudo 5,6 SR dengan pusat gempa di laut pada kedalaman 40 kilometer pada 47 kilometer barat daya Kota Ambon pada pukul 18.34 WIB.

– gempa ketiga bermagnitudo 6,2 dengan pusat gempa di laut pada kedalaman 10 kilometer pada 38 kilometer Baratdaya Kota Ambon pada 18.50 WIB.

– gempa keempat bermagnitudo 4,0 pada kedalaman 10 kilometer di 47 kilometer barat daya Kota Ambon pada pukul 19.23 WIB.

– gempa kelima bermagnitudo 5,6 pada kedalaman 10 kilometer di 37 barat daya Ambon pada pukul 19.37 WIB.

Durasi gempa bervariasi pula. Gempa pertama dan ketiga misalnya berlangsung selama 10 detik, sedangkan gempa terakhir hanya berlangsung sekitar 5 detik.@LI-13

Baca Juga:  PKS soroti temuan transaksi uang kepala daerah Rp 50 miliar di kasino