Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Setelah mangkrak 21 tahun, Akhirnya Tol Becakayu diresmikan Jokowi
Presiden Joko Widodo (Jokowi) saat memberi sambutan pada peresmian Tol Becakayu, Bekasi Selatan, Jumat (3/11/2017).
HEADLINE PROOTONOMI

Setelah mangkrak 21 tahun, Akhirnya Tol Becakayu diresmikan Jokowi 

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Joko Widodo (Jokowi) memberi sambutan pada peresmian Tol Becakayu, Bekasi Selatan, Jumat (3/11/2017).
Dua seksi ruas tol Bekasi-Cawang-Kampung Melayu (Becakayu) akhirnya diresmikan Presiden RI Joko Widodo pada Jumat (3/11/2017) pagi.

Dua seksi itu adalah 1A Casablanca-Cipinang Melayu, ditargetkan akan rampung pada Maret 2018. Sedangkan, untuk pembangunan seksi 2 dari Jatisampurna sampai Bekasi Timur sejauh 9,2 kilometer baru akan dimulai pada 2018 mendatang. Presiden Jokowi meresmikan pembangunan tol yang pernah mangkrak selama 21 tahun ini di atas ruas tol di dekat Pasar Sumber Artha, Bekasi Barat, Kota Bekasi.

Saat Presiden tiba di lokasi, dia langsung mendapat penjelasan soal pembangunan tol oleh Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahaan Rakyat, Herry Trisaputra Zuna. Dalam kesempatan itu, hadir Menteri PU-Pera Mochamad Basoeki Hadimoeljono, Menteri BUMN Rini Soemarno, Sekretaris Kabinet RI Pramono Hanung, Gubernur DKI Jakarta Anies Rasyid Baswedan, Wakil Gubernur Jawa Barat Dedy Mizwar dan Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi.

Usai mendengar pemaparan Herry, Jokowi langsung ke atas podium untuk meresmikan ruas tol itu secara simbolis. “Dengan mengucapkan bissmillahirrohmanirohim, ruas tol ini saya resmikan,” kata Jokowi sambil menekan tombol sirine tanda diresmikannya tol Becakayu.

Jokowi mengatakan, ruas tol ini sempat terhenti sejak tahun 1996 atau selama 21 tahun lalu, ketika Surat Perintah Kerja (SPK) itu diterbitkan. Namun, pada awal 2015, proyek itu kembali dilaksanakan hingga akhirnya ruas tol ini selesai dikerjakan.

“Sekarang selesai dan akan diteruskan sampai Bekasi Barat hingga Tambun, Kabupaten Bekasi,” ujar Jokowi.

Dengan demikian, kata dia, akses dari Jakarta ke Bekasi dan sebaliknya semakin lancar. Menurut dia, ruas tol ini sudah bisa dinikmati masyarakat mulai Sabtu (4/11/2017) pagi dan tahap awal diberikan secara gratis. Meski begitu, ke depan masyarakat akan dikenakan tarif masuk.

Baca Juga:  Dua ratus ribu lebih jemaat Gereja Tiberias Indonesia rayakan Natal di GBK, hari ini

“Besok sudah dipakai dan yang lainnya (Seksi 1 A) menyusul supaya PT (Operator Tol PT. Kresna Kusuma Dyandra Marga, red) dapat pemasukan,” ujar Jokowi.@sofie