Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Eks pemimpin Catalonia menyerahkan diri pada kepolisian Belgia
Eks pemimpin Catalonia Carles Puigdemont. (ISTIMEWA)
HEADLINE UTAMA

Eks pemimpin Catalonia menyerahkan diri pada kepolisian Belgia 

LENSAINDONESIA.COM: Eks pemimpin Catalonia Carles Puigdemont dan empat koleganya menyerahkan diri kepada Kepolisian Belgia. Ia jadi buronan Spanyol terkait tuntutan pemberontakan, penghasutan dan penyalahgunaan dana masyarakat.

Empat pejabat lainnya yang disebut dalam surat perintah penangkapan adalah Toni Comin, Clara Ponsati, Lluis Puig dan Meritxell Serret.

Juru bicara kejaksaan Belgia, Gilles Dejemppe mengatakan pihaknya mengggelar investigasi yang keputusannya akan diumumkan Senin pagi. Jika keputusannya untuk menolak permintaan Spanyol, Belgia akan melepaskan lima pemimpin separatis itu.

“Tapi jika juri memutuskan untuk menahan mereka, maka kami punya waktu 60 hari untuk mengirim kembali para tersangka ke Spanyol,” ujarnya.

Carles Puigdemont kabur ke Belgia setelah mengabaikan panggilan pengadilan di Madrid, pasca pernyataan kemerdekaan Catalonia. Dia menegaskan takkan kembali ke Spanyol hingga ada jaminan ia diadili secara adil.

Sebelumnya, hakim Spanyol telah mengeluarkan perintah penangkapan Uni Eropa untuk pemimpin separatis Catalonia, Carles Puigdemont. Perintah penangkapan terbit setelah Puigdemont mengabaikan pemanggilan di pengadilan tinggi Spanyol, Kamis (2/11/2017) untuk menjalani pemeriksaan terkait perannya dalam upaya kemerdekaan Catalonia dari Spanyol.@licom

Baca Juga:  Pertukaran pemuda, Kemenpora kirim 17 delegasi Indonesia ke Australia