Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Komisi VI tekan pemerintah turunkan bunga KUR 3%
Anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo (kanan) saat menemui para pengusaha UMKM di Surabaya. Ia mendorong pemerintah agar terus pro pengusaha UMKM, dengan menekan memfasilitasi pinjaman modal dengan suku bunga KUR rendah. Targetnya bunga KUR bisa diturunkan di bawah 3%. Foto: Sarifa-lensaindonesia
HEADLINE DEMOKRASI

Komisi VI tekan pemerintah turunkan bunga KUR 3% 

LENSAINDONESIA.COM: Pertumbuhan wirausaha muda yang tergolong dalam Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) di Indonesia terus ditarget meningkat. Namun hal ini belum sepenuhnya didukung oleh fasilitas suku bunga kredit usaha rakyat (KUR) yang rendah.

Saat ini pemerintah baru menurunkan bunga KUR yang semula 9% efektif per Januari 2018 menjadi sebesar 7%. Anggota Komisi VI DPR RI Bambang Haryo menilai penurunan bunga KUR dari 9% menjadi 7% masih belum cukup menjangkau bagi para wirausaha UMKM< khusunya bagi para pengusaha pemula atau baru.

Harusnya bunga KUR bisa ditekan semaksimal mungkin hingga di bawah angka 3%. Anggota Fraksi Partai Gerindra ini berharap agar pemerintah bisa segera memberlakukan penurunan kembali bunga KUR pada tahun 2018 mendatang.

“Sekarang kan ini sudah turun tujuh persen tapi sebenarnya kurang. Dan kebanyakan KUR ini kan NPL (nonperforming loan)-nya rendah. Sehingga jika mereka (UMKM) diberi bunga yang lebih rendah lagi, mereka pasti akan lebih bagus, karena angkanya sudah mendekati nol koma. Sedangkan di industri besar atau menengah ke atas, NPL-nya di atas lima persen. Artinya usaha mikro kecil ini adalah usaha yang pruden, betul-betul save untuk perbankan,” ujar Bambang Haryo ditemui di Surabaya, Senin (6/11/2017).

Pihaknya menegaskan akan mengawal betul langkah pemerintah agar lebih pro kepada pengusaha kecil, khususnya dalam pemberian bunga KUR yang rendah. Komisi VI DPR RI, masih kata Bambang, akan menekan Menteri Koordinator (Menko) Perekonomian agar bisa mewujudkan bunga KUR di bawah 3%.

“Kami tinggal menekan Menko Ekonomi juga menekankan kepada Menteri Keuangan untuk bisa mendapatkan bunga rendah bagi UMKM. Targetnya dari tujuh persen akan bisa turun lagi di bawah tiga persen di tahun depan ini,” imbuh anggota dewan Fraksi Gerindra asal Dapil Jawa Timur I (Surabaya-Sidoarjo) ini.@sarifa

Baca Juga:  Pakai aplikasi Snapchat kini dapat 5Gb paket kuota IM3 Ooredoo