Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Audiensi dengan Polda Jatim, AMSI sarankan sesuai UU Pers
HEADLINE JATIM RAYA

Audiensi dengan Polda Jatim, AMSI sarankan sesuai UU Pers 

LENSAINDONESIA.COM: Audiensi antara Polda Jatim dan Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) wilayah Jatim, Selasa (7/11/2017) memutuskan masalah penegakan aturan peliputan informasi diserahkan kepada organisasi media.

Ketua AMSI Jatim, Arief Rahman menyampaikan sudah mendapat penjelasan dari Polda Jatim. Pihaknya menyarankan jika terjadi masalah pemberitaan tetap mengedepankan langkah yang sesuai dengan undang-undang yang berlaku.

“Keputusan selanjutnya dikembalikan kepada organisasi media masing-masing. Misalkan AMSI yang mewajibkan anggotanya berbadan hukum dan memiliki produk jurnalistik sesuai kode etik,” kata Arief Rahman yang juga Pemimpin Umum LensaIndonesia.com.

Sementara itu, Anggota Advokasi, dan Hukum DPP AMSI Pusat, Imam Syafi’i lebih jauh menjelaskan bahwa verifikasi yang dilakukan oleh Dewan Pers memang belum bisa dilakukan seluruh media. Karena itu, pihaknya menyebutkan saat ini standarisasi media adalah berbadan hukum dan sesuai dengan kode etik.

Namun, Imam berharap untuk yang belum memenuhi legalitas tapi dalam kegiatan jurnalistik sesuai dengan aturan masih mendapat toleransi.

“Tapi kalau legalitasnya gak ada dan produk jurnalistiknya tidak sesuai dengan kode etik, tentunya tidak memenuhi syarat. Nah aturan ini kan untuk kita sendiri agar marwah pers tetap terjaga, ” ujar pimpinan salah satu TV swasta di Jatim ini.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jatim Kombes Pol Frans Banur Mangera menyampaikan permintaan maaf dan menyebutkan telah terjadi kesalahpahaman akibat informasi yang beredar tidak lengkap.

Saat ini, daftar media yang boleh meliput dan tertempel di Humas Polda Jatim itu sudah dicopot meski telah beredar di media sosial dan menimbulkan polemik.

“Tidak benar kita membatasi informasi kepada media. Intinya kabar yang beredar itu tidak lengkap dan terpotong,” ujar Barung.@wan

Baca Juga:  Ridwan Hisjam terpilih lagi jadi Ketua Senat IKA ITS 2019-2023