Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Gugah mimpi anak lewat “Profesiku Inspirasiku 2”
Buku

Gugah mimpi anak lewat “Profesiku Inspirasiku 2” 

LENSAINDONESIA.COM: Ada banyak cara untuk menggugah mimpi anak-anak. Salah satunya adalah yang dilakukan lewat buku “Profesiku Inspirasiku” jilid 2.

Penggagas buku, Dr. Purwo Sri Rejeki nenuturkan buku ini mengajak anak-anak untuk mengenal aneka macam profesi. “Lewat buku ini anak diajak untuk mengenal tentang beragam profesi, tidak hanya dokter saja,” ujarnya Jumat (10/11/2017).

Buku ini merupakan kelanjutan buku dengan judul yang sama. Total ada 35 profesi yang dituliskan, bagaimana mencapainya serta prospek masa depan. Sejumlah profesi yang ditulis ialah ecotourism guide, penari dan penggiat batik.

“Penulisnya ada yang dari jaringan saya tapi ada juga yang saya lamar setelah saya hunting di media sosial,” katanya.

Dosen Unair ini menjelaskan target pembuatan buku ini memang anak-anak di jelang SMP dan SMA/SMK. “Terutama akan dibagikan gratis ke sekolah-sekolah di daerah,” ucapnya sembari menambahkan buku ini dicetak setidaknya 500 eksemplar.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Surabaya, M. Ikhsan mengapresiasi peluncuran buku ini. Dia berharap anak-anak bisa tergugah dan mempersiapkan cita-citanya sejak dini.

“Buku ini adalah langkah nyata bagi dunia pendidikan kita, ketimbang hanya ngomong dan berdebat,” pujinya.

Dinas Pendidikan Kota Surabaya sendiri ada sejumlah program untuk mendukung cita-cita anak. Tak cuma di bidang akademik namun juga di bidang seni dan budaya. “Salah satunya tahun ini kami mendorong siswa membaca dua juta buku,” sebutnya.

Salah satu penulis, DR. Tika Widyastuti menceritakan tentang profesinya sebagai ekonom. Dosen FEB Unair ini membutuhkan waktu enam bulan menyelesaikan tulisan. “Jadi profesi ini menarik karena kita jadi tahu misalnya, kenapa terjadi inflasi,” ujarnya.@licom

Baca Juga:  Camelia Habiba: Kinerja Dispendukcapil Surabaya tak maksimal