LENSAINDONESIA.COM: Walikota Jakarta Timur, Bambang Musyawardana didampingi Kepala BAZIS Jaktim Dwi Busara dan Camat Pulogadung Bambang Pangestu menyerahkan bantuan sebanyak 30 juta kepada 12 KK korban kebakaran rumah di Asrama Brimob, di RT008 dan RT 009 RW05 Kelurahan Cipinang, Kecamatan Pulogadung.

Bantuan dari Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana tersebut adalah untuk penyemangat yang nilainya setiap KK dapat Rp 2.500.000 dengan total bantuan sebesar Rp30.000.000.

Dalam kesempatan itu Walikota Jakarta Timur Bambang Musyawardana menyampaikan kepada para korban di lokasi bekas kebakaran bahwa bantuan tersebut berasal dari dana Zakat, Infak dan Shodaqoh (ZIS) yang dihimpun BAZIS Jakarta Timur.

Selanjutnya Walikota Bambang Musyawardana dalam kesempatan itu juga mengucapkan dukacita sambil berpesan bantuan yang sedikit ini untuk memberi semangat bangkit kembali.

“Oh ya ternyata ada dua lagi yang menyusul. Nanti akan diberikan Kepala Bazis Jaktim. Pak Dwi Busara,” kata Walikota, Jumat (10/11).

Ditegaskan oleh Wali Kota Bambang, selama ini kebakaran banyak disebabkan korsleting listrik dan kebocoran regulator gas. “Karena itu pilih kabel listrik yang standar SNI jangan menumpuk stop kontak, dan periksa regulator tabung gas. Bila rusak minta ganti,” ujarnya.

Sementara itu saat di konfirmasi wartawan Sabtu (11/11/17) Kepala Bazis Jakarta Timur Dwi Busara menjelaskan, untuk tahun 2017 ini BAZIS Jakarta Timur menganggarkan dana Rp 700 juta untuk bantuan korban bencana alam dan kebakaran. “Semua telah disalurkan. Semoga tak ada kebakaran lagi,”jelasnya

Sedangkan Lurah Cipinang Wahyudi yang mendampingi warganya bersama Ketua RW 05 Suminto.melaporkan kebakaran terjadi tanggal 11 Oktober 2017 berasal dari satu rumah warga. Akhirnya merambat menghanguskan 12 rumah dan 2 rumah lagi dirusak petugas untuk mencegah meluasnya api. “Kedatangan Pak Walikota Bambang memberi semangat kami. Terimakasih Pak,” ucap Suminto.

Ny Sirikit (57) warga yang RT009/05 Cipinang menuturkan barang dan pakaiannya bersama 2 anak dan cucu ludes. “Yang membuat sedih semua ijazah, surat nikah, BPKB motor anak, semua SK saya , akte kematian suami dan akte kelahiran cucu ikut terbakar. Saat ini saya mulai mengurus lagi yang memakan waktu. Soalnya fotocopynya pun ikut terbakar,” ungkapnya

Namun kedatangan Walikota Jakarta Timur dan jajarannya kata Sirikit menjadikan semangat baru bagi dirinya dan rekan sesama korban kebakaran.

Selain itu juga dilokasi berbeda Jumat (10/12/17) kemaren telah terjadi kebakaran sebuah kafe di Jl Balai Pustaka Timur, Kelurahan Rawamangun, Kecamatan Pulogadung. Dalam kesempatan itu Camat Bambang Pangestu mengatakan dirinya sudah meninjau dan memberikan bantuan kepada para korban kebakaran yang mendapat bantuan antara lain Joko dan Wahyu warga RT 008/RW 05, Ibu Jarwo , Heru dan Bripka Putut warga RT 009/RW 05. Dihadiri pula Sekcam Pulogadung Sudirman yang pernah menjabat Lurah Duren Sawit.@ichsan