Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kemenpar RI targetkan kunjungan wisata Sulawesi tahun ini meningkat 10 persen
Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti saat membuka Pameran Pariwisata Kemilau Sulawesi 2017 di Royal Plasa Surabaya, Sabtu (11/11/2017). FOTO: Eldon-lensaindonesia.com
HEADLINE LIFETREND

Kemenpar RI targetkan kunjungan wisata Sulawesi tahun ini meningkat 10 persen 

LENSAINDONESIA.COM: Kementerian Pariwisata menargetkan peningkatan kunjungan wisata di Sulawesi hingga 10 persen di tahun ini.

Deputi Bidang Pengembangan Pemasaran Pariwisata Nusantara, Esthy Reko Astuti mengatakan, pariwisata Sulawesi termasuk wisata unggulan di Indonesia. Apalagi dari sisi wisata Bahari nya dinilai cukup menonjol.

“Pameran ini bertujuan untuk lebih mempromosikan Sulawesi agar tingkat kunjungan wisatanya naik, Untuk target transaksi di even ini memang ada, namun kami masih belum bisa menjelaskannya secara detail. Intinya adalah B2C (Business to Customer), jadi sudah otomatis melalui even ini kami berharap kunjungan wisata di Sulawesi mampu
melonjak di angka 5 hingga 10 persen di tahun ini,” tutur Esthy kepada lensaindonesia.com usai membuka Pameran Kemilau Sulawesi 2017 yang berlangsung di Royal Plasa Surabaya, Sabtu (11/11/2017).

Esthy menambahkan, pameran selama dua hari dari tanggal 11 hingga 12 Nopember 2017 ini sangat pas digelar di Jatim, sebab seperti diketahui Jatim sendiri hingga saat ini mampu menghimpun wisatawan domestik terbesar kedua di Indonesia. Apalagi setiap tahun jumlah wisatawan domestik sendiri terus melonjak angka kunjungannya.

“Jika di tahun ini wisatawan domestik atau wisnus melakukan touring hingga 265 juta perjalanan dengan pengeluaran sekitar Rp 241,08 triliun, maka dalam lima tahun ke depan diperkirakan bakal mencapai angka 275 juta perjalanan bahkan dengan pengeluaran dua kali lipat lebih besar dibandingkan perolehan devisa dari wisatawan mancanegara (wisman),” tandas Esthy.

Dari catatan Kementerian Pariwisata RI, pertumbuhan kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) ke Tanah Air kurun tiga tahun ini mengalami peningkatan 25,68%, selama Januari-Agustus 2017.

Dibandingkan pertumbuhan regional ASEAN yang sebesar 7%, maka Indonesia naik 3,5 kali lipat dari rata-rata negara Asia Tenggara. Begitu pula jika dibandingkan pertumbuhan wisatawan dunia, yang bertumbuh 6,4%, maka Indonesia naik 4 kali lipat dari rata-rata dunia.

Baca Juga:  Jaring Bacawali, PKS Surabaya gelar Pemilu Internal Tahap 2

“Di tahun 2014, angka wisman mencapai 9,3 juta, lalu di tahun 2015 naik menjadi 10,4juta, kemudian menembus angka 12 juta tepat di tahun 2016, giliran di tahun 2017 hingga Agustus kemarin sudah tercatat 9,2 juta orang. Begitu pula untuk jumlah kunjungan wisatwan domestik (Wisnus) juga melesat naik.

Pada Agustus 2017, sudah mencapai angka 200 juta pergerakan, dari proyeksi 180,5 juta wisatawan. Di tahun 2016, dari proyeksi 260 juta namun justru menggapai angka 264 juta, sedangkan di tahun 2015 juga dengan target 255 juta, justru melebihi target hingga meraih angka 256 juta kunjungan,” pungkas Esthy.@Eldon