Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Berdalih sakit hati, dua pencuri sikat kabel proyek apartemen
Kedua pelaku pencurian kabel diringkus berikut barang buktinya (nanda)
HEADLINE JATIM RAYA

Berdalih sakit hati, dua pencuri sikat kabel proyek apartemen 

LENSAINDONESIA.COM: M Soleh (40) warga Jl Kapas Baru VIII dan Arif Ariawan (34) warga Jl Kapas Madya, Surabaya, diciduk Tim Anti Bandit Polsek Mulyorejo karena nekat mencuri puluhan meter kabel di sebuah proyek pembangunan Apartemen Melati Jl Mulyorejo Utara 201 Surabaya.

Dua sekawan ini mengaku nekat melakukan aksi pencurian karena sakit hati pernah melamar sebagai kuli bangunan di proyek tersebut namun ditolak. “Kami agak sakit hati setelah bela-belain beli rompi dan helm safety, tapi kok gak diterima bekerja,” dalih Soleh.

Sejak saat itulah, keduanya sepakat merencanakan pencurian kabel di proyek apartemen tersebut. Setelah mengamati lokasi, keduanya beraksi sekitar pukul 10.00 WIB. Saat itu mereka datang ke proyek dengan berpura pura menjadi karyawan.

Pelaku lantas menuju lantai 14 untuk memotong kabel listrik yang telah terpasang sepanjang 20 meter. Kabel curian itu lantas disimpan di salah satu ruangan lantai 6 bersama kabel lainnya untuk menghindari kecurigaan pengawas proyek.

Keesokan harinya, kedua pelaku kembali masuk ke proyek dan langsung menuju lantai 6 tempat puluhan kabel curian yang mereka simpan. Selanjutnya, mereka mengupas kabel-kabel itu menggunakan cutter yang sudah disiapkan. Setelah itu, mereka beranjak keluar dari proyek apartemen tersebut.

Petugas Polsek Mulyorejo yang kebetulan melakukan cek lokasi, curiga dengan gerak gerik para pelaku. Saat ditanya, keduanya bingung dan tak bisa menjawab, ditanya terkait kabel-kabel yang mereka kupas juga tak dijawab. “Ditempat yang sama, kami juga sempat bertanya ke kepala proyek terkait identitas mereka. Tapi kepala proyek tidak mengenal para pelaku sehingga keduanya langsung kami amankan ke Mapolsek Mulyorejo,” ujar Kanit Reskrim Polsek Mulyorejo Iptu Budianto, Senin (20/11/2017).

Iptu Budianto menambahkan, dari tangan pelaku disita barang bukti 1 tang, 1 cutter, 2 rol kabel listrik diameter 1,5 mm dalam bentuk potongan, dan kabel-kabel listrik yang sudah dikuliti dan tinggal tembaganya dalam keadaan terpotong potong masing-masing sepanjang 1 meter sebanyak 20 buah. “Atas aksi pencurian tersebut kerugian yang diderita pihak proyek ditaksir senilai jutaan rupiah,” tambahnya. @nanda