Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Gunung Agung erupsi efusiv magmatik, lava segera dimuntahkan
Gunung Agung yang berstatus siaga. Pos Pemantauan Desa Rendang, Karangasem, Bali, Rabu (20/09/2017) FOTO: antara
BALI / NTB / NTT / PAPUA

Gunung Agung erupsi efusiv magmatik, lava segera dimuntahkan 

LENSAINDONESIA.COM: Gunung Agung di Kabupaten Karangase, Bali mengalami erupsi efusiv magmatik pada Sabtu malam (25/11/2017).

Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi Kementerian ESDM menyampaikan, erupsi efusiv sekira pukul 21.00 WITA. Hal itu didasari dengan adanya sinar lava atau api.

Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Kementerian ESDM I Gede Suantika menjelaskan bahwa lava sudah berada di kawah Gunung Agung dan siap dimuntahkan jika sewaktu-waktu diguncang gempa menerus atau tremor.

“Lava sudah keluar, yang sinar merah semalam itu lava hdah di dasar kawah, jadi sekarang ini efusiv besar-besaran di dalam kawah,” jelas Suantika di Pos Pantau Gunung Agung, Desa Rendang, Karangasem, Minggu (26/11/2017).

Erupsi Efusif atau lelehan terjadi karena letak dapur magma yang dangkal dan volume gas yang kecil. Pihaknya menjelaskan bahwa semalam lava tengah berada di radius 200 meter dari bibir gunung. Namun belum terdeteksi keluar ke permukaan bumi lantaran masih berada di kawah Gunung Agung.

“Lava sudah di kawah, tinggal menunggu waktu untuk dikeluarkan,” kata Kepala Bidang Mitigasi Gunung Api PVMBG Kementerian ESDM I Gede Suantika.

Meski sudah terjadi erupsi efusif magmatik Gunung Agung belum mengeluarkan awan panas atau wedhus gembel, masih kepulan asap kelabu disertai material abu dan juga kerikil.

“Belum terjadi awan panas,” ujarnya.@LI-13/mtvn

Baca Juga:  KPK kembali datangi Pengadilan Negeri Surabaya