Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Letusan besar Gunung Agung tunggu hitungan jam
Gunung Agung terus mengeluarkan asap berwarna kelabu dan sudah dinaikkan statusnya ke level IV. Warga di 16 desa KRB diminta mengungsi. FOTO: Balipost
BALI / NTB / NTT / PAPUA

Letusan besar Gunung Agung tunggu hitungan jam 

LENSAINDONESIA.COM: Gunung Agung di Kabupaten Karangasem, Provinsi Bali akan mengalami letusan besar. Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi memperkirakan, letusan itu akan terjadi dalam hitungan jam. Hal ini menyusul terjadinya gempa tremor overscale yang terjadi secara terus-menerus hari ini.

“Sekarang sudah erupsi, gempa tremor terus-menerus ini indikasi ke letusan besar, bisa beberapa jam ke depan,” kata Kepala Bidang Mitigasi Bencana PVMBG I Gede Suantika, Selasa (28/11/2017).

Menurut dia, gempa tremor overscale secara terus-menerus ini menurutnya mengindikasikan adanya pergerakan magma dalam jumlah besar ke permukaan. Ada dua kemungkinan pergerakan magma, yaitu efusif dan ekplosif.

Tipe efusif jika bergerak dalam jumlah besar memenuhi kawah lalu meleler keluar kawah. Eksplosif jika magma bergerak seketika disertai terbentuknya awan panas.

“Kalau eksplosif kemungkinan awas panas sudah terbentuk, ini sedang kami pastikan,” kata Suantika.

Menurut Suantika, gempa tremor overscale ini pertama kali terjadi. Menurut dia, kondisi yang terjadi menunjukkan Gunung Agung memasuki fase kritis menuju letusan lebih besar.

Selain mendeteksi terjadinya tremor terus-menerus, suara gemuruh juga terdengar dari radius 12 kilometer. “Ini sudah terus-menerus tremornya, sudah overscale,” kata Suantika.@LI-13

Baca Juga:  FKPPI apresiasi rencana pembangunan Istana Kepresidenan di Papua