Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Polda Jatim gandeng AMSI dan komunitas hacker untuk amankan Pilkada serentak
Kapolda Jatim Irjen Machfud Arifin diapit Ketua Amsi Jatim yang juga Pimred LensaIndonesia.com Arief Rahman dan Pimred JTV Imam Syafi'i
HEADLINE PROOTONOMI

Polda Jatim gandeng AMSI dan komunitas hacker untuk amankan Pilkada serentak 

LENSAINDONESIA.COM: Demi menjamin Pilkada serentak 2018 nanti berlangsung kondusif dan aman, Polda Jatim menggelar silaturahmi untuk menggandeng Asosiasi Media Siber Indonesia (AMSI) Jatim, komunitas hacker dan kalangan praktisi IT untuk menangkal berita hoax.

Acara silaturahmi ini dihadiri Ketua AMSI Jatim Arief Rahman yang juga menjabat Pemimpin Redaksi LensaIndonesia.com, anggota bidang hukum dan advokasi AMSI Pusat Imam Syafi’i dan Koordinator AMSI Jabanusa Yatimul Ainun. Selain itu, sejumlah anggota AMSI dari berbagai daerah Jatim juga hadir.

“Kami siap bermitra dengan AMSI dalam rangka menyebarkan informasi positif di dunia maya dan membantu menjaga agar perkembangan isu politik tidak panas seperti di DKI Jakarta,” ujar Irjen Machfud Arifin dalam acara bertajuk Silaturahmi Kapolda Jatim di Mapolda Jatim Jl A Yani, Surabaya, Selasa (28/11/2017).

Kapolda Irjen Machfud Arifin memandang AMSI sebagai mitra potensial karena besarnya jaringan dan kredibilitasnya sebagai organisasi media. Kemitraan ini sekaligus sebagai langkah antisipasi agar Jawa Timur tidak tertular isu hoax dan SARA seperti yang berlangsung di DKI Jakarta. “Jawa Timur berbeda dengan Jakarta, jadi saya berharap isu Jakarta jangan sampai dibawa ke sini. Dengan bermitra maka kami yakin, hasilnya ke depannya pasti positif,” paparnya.

Kapolda Jatim bakal membentuk tim khusus Cyber Patrol yang memantau pergerakan isu di dunia maya dan media sosial saat pagelaran Pilkada serentak. Untuk meningkatkan keamanan siber, tim ini juga didukung komunitas hacker se-Jawa Timur. “Pada tahapan pilkada yang digelar serentak di 18 daerah, kemungkinan ada pihak-pihak yang melakukan kampanye hitam. Seperti saat pendaftaran pasangan calon kepala daerah Pilgub Jatim, itu harus kami antisipasi,” jelasnya.

Sementara Ketua AMSI Jatim, Arief Rahman mengatakan, secara prinsip pihaknya selalu siap berkontribusi mendukung program Kapolda.

Baca Juga:  Alasan ke toilet, tersangka Jasmas kabur usai dilantik jadi anggota DPRD Surabaya

Menurutnya, sebagai salah satu organisasi media siber yang memiliki anggota hampir seluruh wilayah Indonesia, AMSI berkomitmen menjalin informasi positif untuk menangkal isu SARA dan berita hoax yang mengancam keamanan dunia maya. “Anggota AMSI di Jatim menyambut baik komitmen Kapolda dan kami berharap agar kerjasama ini dapat berlangsung secara berkesinambungan dan jangka panjang,” ujarnya. @LI-15