Ilustrasi kentut
Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Buang angin alias kentut merupakan salah satu proses alami yang terjadi pada tubuh manusia berupa keluarnya gas. Namun kentut sering dianggap sebagai hal yang mengganggu dan sangat dihindari kebanyakan orang, karena kadang bau yang ditimbulkannya sangat busuk dan mengganggu. Pada tubuh manusia normal, rata-rata kentut kurang lebih 14 kali dalam sehari.

Namun percaya tidak percaya, gas yang keluar saat kentut ternyata mengandung senyawa hydrogen sulfide yang berguna bagi siapapun yang menghirupnya meskipun memiliki bau busuk.

Berikut manfaat hydrogen sulfide yang keluar saat seseorang kentut;

1. Mengatur tekanan darah
Penelitian yang dilakukan beberapa tahun lalu mengenai hydrogen sulfide yang keluar bersamaan dengan kentut, ternyata efeknya dapat mengatur tekanan darah siapapun yang menghirup baunya. Dengan tekanan darah yang teratur, maka Anda terhindar dari kondisi hipertensi (tekanan darah tinggi) ataupun hipotensi (tekanan darah rendah). Kedua kondisi tersebut biasanya sering menimbulkan berbagai macam penyakit, seperti anemia, stroke, serangan jantung dan sakit kepala.

2. Anti inflamasi
Manfaat lain menghirup bau kentut adalah menjadi penolong anti inflamasi pada tubuh yang biasanya disebabkan asam lambung, maag, radang tenggorokan, radang lambung dan usus.

3. Anti pembengkakan
Selain menjadi senyawa anti inflamasi, hydrogen sulfide juga memiliki manfaat penting sebagai senyawa anti pembengkakan. Dengan menghirup hydrogen sulfide yang keluar bersamaan dengan kentut, maka anda akan terhindar dari pembengkakan yang kemungkinan akan terjadi pada diri anda.

4. Melancarkan peredaran darah di dalam tubuh
Gas hydrogen sulfide juga memiliki manfaat yang penting untuk melancarkan peredaran darah dalam tubuh. Hal ini disebabkan sifat senyawa ini yang membantu melonggarkan jaringan pembuluh darah dan meningkatkan kelenturan pembuluh darah vena dan arteri. Dengan lancarnya peredaran darah di dalam tubuh karena manfaat tubuh bagi tubuh ini, maka efeknya terhindar dari berbagai jenis penyakit, daya tahan tubuh meningkat dan fungsi organ tubuh bisa maksimal.

5. Mengurangi resiko terserang penyakit kronis
Menghirup hydrogen sulfide yang terkandung dalam kentut, juga bisa mencegah resiko terkena kanker, diabetes, dementia, stroke, serangan jantung dan tumor.