Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
JK imbau jadi enterpreneur kreatif dan inovatif
Jusuf Kalla saat menjadi keynote speaker Seminar Nasional Hilirisasi Inovasi Tehnologi dan Start-up Bisnis1. (LICOM/Aji Dewa Roisky)
EDUKASI

JK imbau jadi enterpreneur kreatif dan inovatif 

LENSAINDONESIA.COM: Wapres RI, HM Jusuf Kalla mengimbau agar menjadi enterpreneur kreatif dan inovatif. Imbauan tersebut diungkapkan kala meresmikan Jusuf Kalla Innovation and Entrepreneurship Centre (JKIEC) di Universitas Brawijaya (UB) Malang, Senin (4/12/2017)

JK yang juga menjadi keynote speaker Seminar Nasional Hilirisasi Inovasi Tehnologi dan Start-up Bisnis itu mengatakan bila untuk jadi pengusaha tak harus punya modal berlimpah. “Cukup (modal) kreatif dan inovatif dengan memanfaatkan teknologi,” kata JK yang kala di UB didampingi istri, Menristek Dikti M Nasir, Wakil Gubernur Saifullah Jusuf, dan Wali Kota Malang Moch Anton.

Lantas dia menjeĺaskan perkembangam perekonomian terkini yang disebutnya share ekonomi. Menurut dia, pemilik usaha gojek, Grab, uber lainnya tak punya satu unit pun kendaraan.

Namun, lanjut politisi senior Golkar ini, mereka mampu membuka usaha baru yang luar biasa. Semua itu, kata mantan Ketua Umum Golkar ini karena mereka kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan teknologi.

Malanya dia berbarap di Malang menjadi kawasan pembahasan riset dan bisnis seperti Silicon Vally di Amerika Serikat.

Memurut dia, semua hasil riset di negeri Paman Trump dibahas dan dikaji untuk pengembangan bisnis. “Itu ditolang dengan teknologi, lalu dienterpreneurkan,” papar dia.

Untu itu dia berharap Malang yang memiliki banyak perguruan tinggi bisa menhhasilkan periset kreatif, inovatif dan berjiwa enterpreneurship. Sehingga persoalan-persoalan bangsa dan negara bisa teratasi dengan baik.

Dijelaskan dia bahwa dulu Venezuela merupakan negara yang memiliki cadangan minyak terbesar dan terkaya di Amerika. Kini, kata dia menjadi negara termiskin.

Indonesia menurut dia juga memiliki kekayaan alam berlimpah. Hal itu tegas dia tentu harus dibarengi dengan kemajuan teknologi, manajerial yang baik dan didikung jiwa kreatif serta inovatif. “Dan didukung dengan jowa enterpreneurship yang baik,” papar dia.

Baca Juga:  Asprov PSSI Jatim dukung Iwan Bule pimpin PSSI

Karena itu kata dia berharap hilirasi inovasi tehnologi dan start-up bisnis bisa memberikan peluang bagi enterprenuer muda. Sehingga banyak riset yang bisa dikembangkan menjadi ladang usaha. @aji