Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Jelang perayaan Natal dan tahun baru, harga sejumlah kebutuhan pokok di perbatasan Malaysia, Long Apari, Kabupaten Mahakam Ulu, Kalimantan Timur, melonjak tajam. Bahkan, harga daging ayam di kawasan tersebut mencapai Rp 700 ribu – Rp 1 juta per ekor.

Salah satu penyebab melonjaknya harga kebutuhan pangan di daerah Mahakam Ulu adalah akses darat dari Samarinda menuju lokasi yang sangat minim. Alhasil, sejumlah pedagang harus menyewa perahu untuk melakukan perjalanan melalui sungai dan berakibat naiknya sejumlah kebutuhan.

Bupati Mahulu Bonifasius Belawan Geh, tak membantah tingginya harga kebutuhan pangan sebagai dampak akses darat yang sulit. Hal ini mau tak mau berimbas pada ongkos angkut dan harga jual yang mahal. “Kami sangat membutuhkan akses jalan yang bagus demi menekan biaya pengiriman,” ujarnya.

Bupati Bonafius menambahkan, pihaknya berencana membangun bandara di daerah tersebut, namun masih terkendala izin Kementerian Perhubungan. “Solusi lain mempermudah akses antar daerah, kami punya rencana bangun bandara. Tinggal menunggu izin prinsip Kementerian Perhubungan,” tandasnya. @LI-15