LENSAINDONESIA.COM: DPP Partai Golkar menunjuk Aziz Syamsuddin sebagai Ketua DPR RI menggantikan Setya Novanto.

Wakil Ketua Dewan Pakar Partai Golkar Mahyudin mengakui menunjukan Aziz Syamsuddin sebagai Ketua DPR RI ini dilakukan oleh Setya Novanto.

“Memang sudah diteken beberapa hari lalu. Sekarang pun sudah diproses, mungkin sebentar lagi dilantik,” ujar Mahyudin di sela sosialisasi Empat Pilar MPR di Kabupaten Penajam Passer Utara, Kalimantan Timur, Minggu (10/12/2017).

Menurut Wakil Ketua MPR itu, dengan menunjuk Azis Syamsuddin otomatis Setya Novanto mengundurkan diri dari jabatan Ketua DPR.

Penunjukan Aziz sebagai Ketua DPR oleh Setya Novanto, menurut Mahyudin, tidak masalah karena sampai saat ini Setya masih Ketua Umum Partai Golkar, dan jabatan Ketua DPR memang jatah Golkar.

“Itu hak prerogatif Ketua Umum. Apalagi ini kondisinya kan enggak normal, bukan kondisi biasa, jadi sah-sah saja,” kata Mahyudin seperti dilansir dari Antara.

Dalam kondisi normal, kata dia, mungkin saja Setya Novanto membawa persoalan itu dalam rapat DPP Golkar. Namun, lanjutnya, itu pun untuk kepentingan demokratisasi di partai.

“Tapi sekarang kan kondisinya tidak normal. Tidak masalah Ketua Umum menunjuk langsung ketua DPR penggantinya,” kata dia.

Ia yakin, penunjukan Aziz Syamsuddin sebagai Ketua DPR sudah dipertimbangkan secara matang, termasuk soal kapasitas dan kapabilitas Aziz.

“Aziz itu bukan orang kemarin sore. Aziz sekarang Ketua Badan Anggaran DPR, sebelumnya pernah menjadi ketua komisi. Wajar kalau sekarang naik jadi Ketua DPR,” Mahyudin menandaskan.@LI-13