Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
SSC: Gus Ipul top of mind pilihan masyarakat
HEADLINE DEMOKRASI

SSC: Gus Ipul top of mind pilihan masyarakat 

LENSAINDONESIA.COM: Surabaya Survey Centre (SSC) kembali merilis hasil survei para kandidat calon di Pilgub Jawa Timur 2018. Terbaru, Calon Gubernur (Cagub) Saifullah Yusuf (Gus Ipul) menduduki posisi survei kandidat Cagub yang dipilih secara spontan (pertanyaan terbuka/top of mind).

Pria yang saat ini tengah menjabat sebagai Wagub Jatim tersebut mengungguli nama lainnya mulai dari nama Khofifah Indar Parawansa, Mahfud MD dan La Nyalla Mattalitti.

Dengan pola pertanyaan terbuka, Gus Ipul dipilih oleh 27,8 persen responden. Sementara, Khofifah dipilih oleh 22 persen responden, sedangkan Mahfud MD serta La Nyalla secara berurutan dipilih oleh 9,7 dan 2,3 persen responden.

Peneliti Senior SSC Imam Sofyan menjelaskan pada pola ini, peningkatan signifikan ditunjukkan oleh Khofifah dan Mahfud MD. Pada survei edisi lalu, Khofifah secara spontan hanya dipilih oleh 13,9 persen responden. Sedangkan Mahfud MD dipilih oleh hanya 2,3 persen responden saja.

Meskipun demikian, yang menjadi menarik, jumlah undecided voters pada pola survei terbuka ini justru memiliki jumlah prosentase tertinggi. Sebanyak 34,7 persen responden memilih untuk tidak menjawab ataupun mengaku tidak tahu akan memilih siapa ketika ditanya.

Menurutnya top of mind publik sangat mungkin menjadi cerminan dari track record kepemimpinan yang bisa dibaca oleh publik secara bebas dan mandiri. Dan ini dinilai akan memiliki kontribusi terhadap kemenangan bagi mereka yang menduduki posisi puncak.

“Tetapi tetap ya, tidak bisa dijadikan ukuran tunggal. Bagaimanapun, politik adalah hitungan yang sifatnya dinamis. Semuanya masih sangat mungkin berubah bergantung pada pergerakan dari faktor eksternal lainnya. Misalnya, akan ada money politics atau serangan kampanye negative yang tentu semua tidak kita harapkan,” katanya ditemui LICOM usai menggelar konferensi pers bertema Pilgub Jatim: Pertarungan Dua Gajah di Surabaya, Rabu (13/12/2017).

Baca Juga:  Momok intoleransi incar kalangan terpelajar, Praktisi: Harus ada kebijakan yang imperatif

Data-data itu, lanjut dia, diperoleh melalui survei yang dilakukan oleh SSC di 38 kabupaten/kota di Jawa Timur pada kurun waktu 25 November-8 Desember 2017.

Survei tersebut dilakukan dengan metode multistage random sampling dengan 940 responden. Tingkat kepercayaan dari hasil tersebut sebesar 95 persen dengan margin of error 3,2 persen.@sarifa