Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Besok, Presiden Jokowi resmikan Tol Sumo
Birokrasi

Besok, Presiden Jokowi resmikan Tol Sumo 

LENSAINDONESIA.COM: Jalan Tol Surabaya-Mojokerto (Sumo) bakal diresmikan. Rencananya, peresmian  dilakukan pada Selasa besok (19/12/2017) oleh Presiden RI Joko Widodo.

“Kami mendapat informasi tentang peresmiannya Selasa besok langsung oleh Presiden. Tempat peresmiannya direncanakan di gerbang tol Warugunung. Rencananya, tol ini akan digratiskan seminggu setelah diresmikan,” ujar Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jatim Gatot Sulistyo Hadi ditemui di kantornya, Senin (18/12/2017).

Peresmian Tol Sumo tersebut sejatinya dilakukan awal Desember, namun tertunda hingga informasi dari Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) yang memastikan peresmian tol sesuai undangan.

Pada peresmian yang direncanakan pukul 15.00 WIB tersebut, Jokowi akan meresmikan tol Sumo seksi IB, II dan III sepanjang 15,4 kilometer.

Dijelaskan Gatot, peresmian Tol Sumo ini memang sangat ditunggu operasionalnya oleh masyarakat. Mengingat keberadaannya sebagai pamungkas dari seluruh rangkaian panjang tol Sumo 36,27 kilometer.

“Apalagi ini mendekati liburan akhir tahun, termasuk peringatan Natal dan Tahun Baru 2018 sehingga bisa dimanfaatkan oleh pengendara untuk mengurai kemacetan,” ucapnya.

Lebih lanjut, untuk jalan tol seksi II membentang antara Desa Kedunglosari-Tembelang-Jombang hingga Desa Pageruyung-Gedeg-Kabupaten Mojokerto, kemudian seksi III dari Sepanjang lima kilometer, antara Desa Kemantren-Kecamatan Gedeg hingga Desa Canggu-Kecamatan Jetis di seksi 1b meneruskan dari Waru sampai Legundi.

“Untuk seksi IA sudah dioperasikan sebelumnya dan secara keseluruhan dari Waru sampai Legundi, Krian telah tuntas,” imbuh mantan Kabiro Administrasi Pembangunan Setdaprov Jatim ini.

Dalam operasional pertama pada Desember ini, Pemprov Jatim akan mengusulkan agar tarif Tol Sumo akan digratiskan terlebih dahulu hingga akhir Desember 2017 nanti. Baru per 1 Januari 2018 tarif tol yang baru bisa ditetapkan.@sarifa

Baca Juga:  Penjaringan bakal calon wali kota PDIP Surabaya laris manis