LENSAINDONESIA.COM: Pelindo III kerja bareng PT Bank Negara Indonesia (BNI) mulai optimalkan gerakan transaksi nontunai (GNT) di pelabuhan Tenau Kupang, Nusa Tenggara Timur yang diimplementasikan melalui tanda masuk.

“Penggunaan kartu uang elektronik di pintu masuk pelabuhan itu diharapkan mampu mempercepat pembayaran masuk pelabuhan. Kartu ini lebih efisien sebab tak perlu menyiapkan uang kembalian serta rekam jejak transaksi dan bisa termonitor dengan baik,” ucap General Manager Pelindo III Tenau Kupang, I Putu Sukadana dari keterangan resminya, Rabu (19/12/2017).

Putu menjelaskan, kartu tapcash BNI yang bernama e-port bisa digunakan untuk pengguna jasa pelabuhan di lingkungan Pelindo III.

”Langkah ini merupakan sinergi antar BUMN yang mampu membantu pengembang bisnis kedua perusahaan. Kami akan menerapkan aturan pembayaran gate dengan menggunakan kartu ini,” tegas Putu.

Selama ini, lanjut Putu, sinergi antar BUMN dengan BNI berkontribusi membangun Integrated Payment System di Pelindo III yang jadi solusi cash management meliputi Billing System, Autocollection, dan E-Port TapCash.

“Kerja sama BNI dengan Pelindo III ini merupakan kelanjutan kerja sama yang sudah terjalin dalam Integrated Billing System, yakni pengelolaan layanan kapal dan layanan bongkar muat barang dengan satu sistem yang terintegrasi,” papar Putu.

Pemimpin BNI Cabang Kupang, I Gede Wirata menambahkan,kartu e-Port bisa diisi ulang melalui ATM BNI berlogo TapCash, Kantor Cabang BNI, BNI SMS Banking, dan Electronic Data Capture (EDC) yang disediakan dilingkungan pelabuhan.

Peresmian kawasan non tunai Pelabuhan Tenau Kupang saat itu dihadiri dan diresmikan langsung Gubernur NTT, Frans Lebu Raya dan Kepala Perwakilan Bank Indonesia NTT, Naek Tigor Sinaga di halaman kantor Pelindo III Cabang Tenau Kupang.

“Semoga Pelindo III menjadi pelopor transaksi non tunai dalm arti sesungguhnya, dengan transaksi non tunai ini banyak manfaat dan aman untuk dilakukan,” ujar Frans .

Pelabuhan Tenau Kupang merupakan pelabuhan ke-5 setelah Tanjung Perak Surabaya, Tanjung Emas Semarang, Pelabuhan Banjarmasin, dan Pelabuhan Benoa Bali yang mengimplementasikan transaksi non tunai untuk pintu masuk ke pelabuhan.@Rel-Licom