Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Keputusan mutasi dibatalkan Panglima TNI, ini kata Jenderal Gatot
HEADLINE DEMOKRASI

Keputusan mutasi dibatalkan Panglima TNI, ini kata Jenderal Gatot 

LENSAINDONESIA.COM: Jenderal Gatot Nurmantyo akhirnya buka suara soal keputusan mutasinya sebagian dibatalkan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto.

Jenderal Gatot menanggapi santai langkah pembatalan mutasi 16 perwira tinggi, termasuk Pangkostrad Letjen Edy Rahmayadi.

“Saya sampaikan bahwa, Skep (surat keputusan Panglima) yang saya keluarkan itu adalah hasil sidang bersama-sama,” ujar Jenderal Gatot usai menghadiri sewindu haul Gus Dur di Jl Warung Silah, Ciganjur, Jakarta Selatan, Sabtu (23/12/2017) dini hari mengutip detikcom.

Dikatakannya, Skep juga ditandatangani kepala staf angkatan. Dia pun sengaja tidak melantik mereka yang masuk dalam daftar mutasinya dengan alasan memberi kesempatan Marsekal Hadi Tjahjanto melakukan evaluasi.

Kalaupun pada akhirnya Marsekal Hadi menganulir mutasi 16 Pati dari 84 Pati hasil keputusannya, jenderal bintang empat ini tak mempersalahkannya. Menurut Jenderal Gatot, hal tersebut sudah menjadi kewenangan Marsekal Hadi sebagai Panglima TNI saat ini.

“Namanya evaluasi bagaimana yang terbaik bagi beliau. Kan beda pandangan. Sekarang kan saya bukan Panglima TNI. Hak prerogatif beliau dong,” ucapnya.

Mutasi 16 Pati TNI yang dilakukan Marsekal Hadi tertuang dalam Keputusan Panglima TNI Nomor Kep/982.a/XII/2017 tentang Pemberhentian dari dan Pengangkatan dalam Jabatan di Lingkungan TNI yang dikeluarkan dan ditandatangani Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto pada Selasa, 19 Desember 2017. Keputusan itu membatalkan mutasi 16 Pati yang SK nya dikeluarkan sesaat sebelum Jenderal Gatot dicopot dari jabatan Panglima TNI.

Namun ditegaskannya, Skep yang dikeluarkan saat dia menjabat Panglima TNI sesuai aturan dan melalui Dewan Kepangkatan dan Jabatan Tinggi.

“Kalau nggak lewat Wanjakti beliau tidak tangan dong. Syarat juga semuanya. Ada Waka BIN, ada Wagub Lemhanas,” terang Jenderal Gatot.@licom

Baca Juga:  TNI kerahkan Pesawat Hercules dan Helikopter angkut pengungsi kembali ke Wamena