Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Mesir gantung massal 15 teroris Sinai
Polisi berjaga di depan gedung Pengadilan Mesir
Global

Mesir gantung massal 15 teroris Sinai 

LENSAINDONESIA.COM: Pihak berwenang Mesir mengeksekusi 15 militan pelaku penyerangan terhadap aparat keamanan di Semenanjung Sinai pada tahun 2013 lalu.

Eksekusi hukuman gantung itu dilakukan Selasa (26/12) di tempat mereka ditahan selama ini di penjara Borj al-Arab dan Wadi al-Natroun. Para terpidana mati itu dianggap terbukti membunuh tentara, merencanakan pembunuhan dan menghancurkan kendaraan militer.

Hukuman gantung massal ini merupakan eksekusi pertama Mesir sejak enam teroris berkedok Islam digantung pada tahun 2015 di Mesir.

Sebagian besar dari 15 militan yang dieksekusi disebut berasal dari kawasan Sinai. Mereka bergabung dalam kelompok militan yang merencanakan, melakukan dan membantu pembunuhan aparat militer serta polisi di Sinai.

Dalam beberapa tahun belakangan, kawasan Semenanjung Sinai memang menghadapi peningkatan kekerasan dari kelompok teroris yang mengaku jihadis dan kelompok ISIS. Mereke menyerang para penegak hukum, seperti tentara, polisi, maupun hakim.

Pekan lalu, ISIS menembak jatuh sebuah helikopter di bandara Sinai Utara, dengan menggunakan rudal anti-tank. Seorang tentara tewas dan 2 lainnya luka-luka.

November lalu, militan pendukung ISIS mengebom dan menyerang dengan senjata api sebuah masjid di Sinai Utara dan mengakibatkan jatuhnya 235 korban jiwa. @LI-15

Baca Juga:  Rhenald Kasali : "CEO harus paham, disrupsi lebih mudah diatasi ketimbang resesi!"