Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.  
Walikota London tegaskan tak akan sambut baik Donald Trump saat berkunjung
Walikota London Sadiq Khan
Global

Walikota London tegaskan tak akan sambut baik Donald Trump saat berkunjung 

LENSAINDONESIA.COM: Walikota London, Sadiq Khan, menegaskan tidak akan menyambut baik Presiden Amerika Serikat Donald Trump saat berkunjung ke London untuk bertemu Perdana Menteri Theresa May, pada Februari 2018 mendatang.

Dilansir kantor berita Turki, Anadolu Agency, Jumat (29/12/2017), Sadiq Khan menyampaikan hal itu melalui pernyataan tertulis yang dirilis setelah Majelis Kota London bertanya kepadanya terkait persiapan pemerintah Kota London menyambut kunjungan Donald Trump.

“Sebagai walikota, saya akan selalu melindungi kepentingan dan keamanan warga London. Setelah insiden terbaru, saat Presiden Trump menggunakan Twitter untuk mempromosikan kelompok ekstremis keji yang keberadaannya hanya menyebar perpecahan dan kebencian di negara kita, sudah jelas setiap kunjungan resmi ke sini tidak akan disambut baik,” tegasnya.

Lebih lanjut, Sadiq Khan menegaskan rakyat Inggris termasuk dirinya sendiri sangat menyayangi warga Amerika Serikat. Namun Khan menyebut komentar-komentar kontroversial Trump beberapa waktu lalu bertentangan dengan posisi Inggris soal rasialisme dan kebencian. “London adalah suar toleransi, penerimaan dan keberagaman dan Trump sekali lagi telah menunjukkan bahwa pandangannya sungguh bertentangan dengan nilai-nilai yang dipegang teguh warga London,” tandasnya.

Bulan lalu, Donald Trump memancing kemarahan politikus dan publik Inggris usai me-retweet tiga video propaganda anti-muslim via akun Twitternya. Video propaganda anti-muslim itu diposting Jayda Fransen, Wakil Ketua Britain First, kelompok sayap kanan jauh yang anti-Islam.

Perdana Menteri Inggris Theresa May melalui juru bicaranya, mengecam tindakan itu dengan menyebut Trump sama saja mempromosikan ujaran kebencian. Namun Trump membalas PM May dengan memintanya untuk ‘fokus memberantas Terorisme Radikal Islamis’.

Meskipun sempat terlibat pertikaian via online dengan PM Theresa May, Donald Trump dijadwalkan akan melakukan kunjungan kenegaraan ke Inggris dan melakukan pembicaraan penting pada Februari tahun depan. @dc/LI-15

Baca Juga:  KPUD Surabaya tetapkan kursi 50 anggota DPRD 2019-2024 terpilih