LENSAINDONESIA.COM: Langkah Ridwan Kamil kembali mantap memperebutkan kursi orang nomor satu di Jawa Barat setelah dia mendapatkan dukungan dari Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura).

Ketua DPD Hanura Jabar Aceng Fikri mengatakan, salah satu alasan partainya mendukung Wali Kota Bandung itu lantaran di tiap survey nama Ridwan Kamil kerap unggul. Apalagi kandidat yang akrab disapa Kang Emil itu dianggap sukses membangun Kota Bandung dan membuat namanya dikenal seantero Jawa Barat.

“Bahwa berdasarkan kalkulasi politik dan kita melakukan parameter survei. Beliau memiliki elektabilitas dan popularitas yang tinggi,” kata Aceng usai menyerahkan surat tugas dukungan terhadap Emil di Kantor DPD Hanura Jabar, Kota Bandung, Selasa (2/1/2018).

Sementara itu, Aceng mengaku pihaknya tidak memberikan syarat apapun terhadap pria yang akrab disapa Kang Emil itu. Alasannya, Hanura hanya memiliki 3 kursi atau paling sedikit dibandingkan partai koalisi yang terlebih dahulu memberikan dukungan yakni NasDem (5 kursi) PKB (7 kursi) dan PPP (9 kursi). Ini artinya Emil sudah mendapat dukungan 24 kursi.

Emil sendiri mengaku sangat beruntung bisa mendapatkan dukungan dari Hanura. Terlebih Hanura tidak memberikan syarat apa pun terkait dukungan tersebut.

“Saya mendapat kehormatan mendapat dukungan dalam bentuk surat tugas dari Partai Hanura. Saya sangat terharu karena partai ini betul-betul tidak memberikan syarat atau mahar memberatkan. Itu menunjukkan Hanura mengedepankan profesionalitas, mengedepankan aspirasi rakyat,” kata Emil.

Wali Kota Bandung itu berjanji akan segera mempertemukan partai pendukungnya untuk menentukan calon wakil wali kota.

“Saya diminta mengkomunikasikan koalisi yang hari ini komunikasinya hanya satu terkait wakil nah wakilnya ini sekarang sedang sedang dibahas dilevel ketua,” ujar Emil.

Ini artinya ada tiga pasangan calon yang sudah mendapat dukungan dari partai politik. Yaitu Mayjend (Purn) Sudrajat-Syaikhu yang diusung PKS, PAN dan Partai Gerindra. Sementara, Dedy Mizwar – Dedy Mulyadi didukung Golkar dan Partai Demokrat.@licom