LENSAINDONESIA.COM: Wakil Ketua DPR RI Fadli Zon menggelar survei kecil-kecilan melalui akun Twitternya @fadlizon, Rabu (3/1/2018). Politisi Gerindra itu memberi pertanyaan, ‘Jika pemilihan Presiden dilakukan hari ini, siapa yang akan Anda pilih…’.

Dari 30.336 pengguna Twitter yang mengikuti poling tersebut, hasilnya 55 persen justru memilih Jokowi, sedangkan sisanya 45 persen, memilih Prabowo.

Jokowi dan Prabowo memang kandidat yang bertarung ketat dalam Pemilihan Presiden 2014 lalu. Saat itu Jokowi berpasangan dengan Jusuf Kalla didukung koalisi PDIP, NasDem, PKB, Hanura dan PKPI. Sedangkan Prabowo dan Hatta Rajasa diusung Gerindra, PKS, PAN, Golkar, Demokrat, PPP dan PBB.

Hasil survei terbaru Saiful Mujani Research Consulting (SMRC) yang dilakukan pada Desember 2017 lalu juga menyatakan, tingkat kepuasan masyarakat terhadap kinerja Presiden Jokowi mencapai angka 74,3 persen. Sementara 23,8 persen tidak merasa puas.

Tingginya persentase kepuasaan responden sejalan dengan pilihan kepada Presiden Jokowi untuk periode selanjutnya. Dari 74,3 persen reseponden yang puas, 65 persen memutuskan bakal memilih Jokowi dalam Pilpres 2019 nanti, sedangkan 11 persennya condong memilih Prabowo. Sisanya 14 persen, akan memilih selain kedua nama itu. @LI-15