Logan Paul
Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Seorang Youtuber kaya raya asal Amerika Serikat, Logan Paul dihujat orang sedunia. Hujan kecaman ini muncul setelah pria yang memiliki 15,2 juta pelanggan di Youtube mengunggah rekaman korban bunuh diri di hutan di Jepang.

Keputusannya mengunggah video tersebut pada 31 Desember lalu menjadi blunder bagi pria yang berpenghasilan Rp168 miliar setahun itu. Jutaan orang kemudian menyaksikan video itu sebelum pihak Youtube mencabutnya.

Video itu memperlihatkan dia dan kawannya mengunjungi hutan Aokigahara di Jepang yang dikenal sebagai tempat masyarakat Jepang mengakhiri hidup dengan berbagai alasan.

Di salah satu adegan, terekam penampakan jasad seorang pria yang tewas gantung diri dengan wajah diburamkan. Dalam rekaman itu, seorang rekan Paul terdengar berkata bahwa dirinya “tidak merasa nyaman”. Paul lalu bertanya “Kenapa, kamu tidak pernah berdiri di sebelah mayat orang?” Paul kemudian tertawa.

Video berjudul ‘We found a dead body in the Japanese Suicide Forest’ ini langsung hujan kecaman. , apalagi Logan terlihat cengengesan seolah bunuh diri adalah hal lucu.

Beberapa warganet menuduh Paul bersikap kurang ajar, menjijikkan, dan menyebutnya ‘manusia sampah’, Ada pula yang menyerukan agar salurannya di Youtube dihapus.

“Saya seharusnya tidak mengunggah video itu. Seharusnya saya menaruh kamera dan berhenti merekam apa yang kami lalui. Ada banyak hal yang semestinya saya lakukan berbeda, tapi tidak,” kata Logan Paul.

“Saya malu pada diri saya. Saya kecewa pada diri saya,” papar Paul.

Paul mengaku semula dirinya ingin “membuat efek positif di internet, bukan badai negatif” soal bunuh diri dan pencegahan bunuh diri.

Namun, banyak orang yang mengecam, menghujat dan bahkan menyebutnya sebagai seorang yang idiot.

“Logan Paul, kamu itu idiot. Kamu tidak meningkatkan awareness. Kamu itu menghina. Aku tak bisa percaya kamu juga memuji dirimu sendiri dalam permintaan maafmu. Kamu tak pantas mendapatkan sukses atau view yang kamu dapat. Aku berdoa kamu tak pernah mengalami apa yang dirasakan pria itu,” tulis bintang Game of Thrones, Sophie Turner.

Logan Paul, selain populer, juga termasuk YouTuber terkaya di dunia dari sponsor maupun dari YouTube. Kakaknya, Jake Paul, juga YouTuber ternama. Tahun 2017 lalu, Logan berada di posisi kelima YouTuber paling tajir menurut Forbes, dengan kekayaan diestimasi USD 12,5 juta.@licom

TULISKAN KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here