LENSAINDONESIA.COM: Rektor Universitas Indonesia, Prof. Dr. Ir. Muhammad Anies M.Met. melantik empat dekan baru di Balai Kirti UI Depok, Senin, (8/1/2018).

Keempat dekan tersebut adalah Prof.Dr.drg. M.F. Lindawati S. Kusdhany Sp. Pros (K) sebagai Dekan Fakultas Kedokteran Gigi, Dr. Rer. Nat. Abdul Haris sebagai Dekan Fakultas Matematika & Ilmu Pengetahuan Alam, Dr. Ir. Henri Dwi Saptioratri sebagai Dekan Fakultas Teknik, dan Agus Setiawan, S.Kp., M.N., D.N. sebagai Dekan Fakultas Ilmu Keperawatan.

Sedangkan terdapat 12 wakil dekan dari 6 fakultas yang akan dilantik yang mengisi posisi Wakil Dekan Bidang Pendidikan, Penelitian, dan Kemahasiswaan (Wadek I) dan posisi Wakil Dekan Bidang Sumber Daya, Ventura, dan Administrasi Umum (Wadek II).

Keduabelas wakil dekan tersebut adalah Dr. R. Ismala Dewi, S.H, M.H (Wadek I) dan Parulian P. Aritonang, S.H., L.L, M,MPP (Wadek II) dari Fakultas Hukum. Keduanya akan mengisi posisi wakil dekan untuk periode 2017-2021.

Lebih lanjut, Dr. dr. Dwiana Ocviyanti, SpOG (Wadek I) dan dr. Anis Karuniawati SpMK, Ph.D. (Wadek II) dari Fakultas Kedokteran, Prof. Sri Hartati R. Suradijono, M.A.,Ph.D. (Wadek I) dan Dra.Hera Napitulu, M.M., Psikolog (Wadek II) dari Fakultas Psikologi, Dr. Arry Yanuar, M.S., Apt., (Wadek I) dan Dr. Abdul Mun’im, M.S., Apt (Wadek II) dari Fakultas Farmasi. Para wakil dekan ini akan mengisi posisi wakil dekan untuk periode 2018-2022.

Sedangkan Manneke Budiman, S.S., M.A., Ph.D, (Wadek I) dan Dr. Irmawati Marwoto, S.S., M. Hum (Wadek II) dari Fakultas Ilmu Budaya, Dr.dr. Sabarinah, M.Sc (Wadek I) dan dr. Asri C. Adisasmita, MPH., Ph. D. (Wadek II) dari Fakultas Kesehatan Masyarakat akan melanjutkan periode kepemimpinan mereka sebelumnya sampai tahun 2022.

Rektor UI berharap dekan yang baru dilantik dapat membawa UI menjadi semakin baik dari hari ke hari, terutama dalam meningkatkan jumlah jurnal internasional dan akreditasi internasional. “Kita di tahun ini berhasil mendapatkan overall score tertinggi dari 4 universitas di ASEAN yang telah melalui penilaian ASEAN University Network-Quality Assurance (AUN-QA). Tentu ini adalah contoh sebuah prestasi yang membanggakan dari UI yang tidak mungkin dapat dicapai tanpa bantuan berbagai pihak. Kedepannya, harapan saya prestasi-prestasi ini dapat terus ditingkatkan,” ungkapnya.

UI secara keseluruhan mempunyai 14 fakultas, 2 sekolah pascasarjana, dan 1 program vokasi. Semua tahap proses pemilihan dekan, kepala sekolah pascasarjana, dan direktur program vokasi telah selesai dan menunggu proses pelantikan, dengan pengecualian dekan Fakultas Ilmu Administrasi yang telah dilantik pada Desember 2016 dan sedang menjalani periode kepemimpinan sampai tahun 2020.@licom