Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
PTPN XI serius kembangkan agrowisata di area Taman Nasional Baluran
Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto (kiri) dan Direktur Utama PTPN XI M. Cholidi usai penandatanganan terkait pengembangan agrowisata di kawasan sekitar Taman Nasional Baluran. Foto-ist
EKONOMI & BISNIS

PTPN XI serius kembangkan agrowisata di area Taman Nasional Baluran 

LENSAINDONESIA.COM: PT Perkebunan Nusantara (PTPN) XI jalin kerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Situbondo melalui pengembangan potensi bisnis agrowisata dan industri gula.

Kerja sama tersebut berlangsung di Kantor Bupati Situbondo pada Senin 8 Januari 2018 lalu. Rencananya, PTPN XI ikut andil mengembangkan agrowisata di kawasan sekitar Taman Nasional Baluran.

Direktur Utama PTPN XI M. Cholidi mengatakan, kawasan tersebut bakal dibangun 20 unit resort dilengkapi wisata outbond di area pantai Baluran yang berjarak sekitar 1 km.

“Lahannya sudah dibeli seluas 367 ha, dan resortnya sudah dalam tahap pembangunan, dan untuk aksesnya juga akan kita siapkan,” tandas Cholidi dalam keterangan resminya, Kamis (11/01/2018).

Ia menambahkan, pihak Pemkab Situbondo juga turut mendukung pengembangan wisata tersebut salah satunya memudahkan perijinan pembangunan kawasan wisata. PTPN XI juga hendak mengembangkan wisata heritage di PG Olean, sebab PG tersebut memiliki sejarah menarik lantaran peninggalan zaman Belanda. Mesin-mesin pabrik, bangunan hingga kereta loko juga masih dimiliki sebagai destinasi yang berpotensi.

“Di Situbondo, kami juga ingin melakukan rehabilitasi pasar tradisional di depan 0G Assembagoes menjadi business center agar kawasan di sekitarnya bisa bagus dan bersih,” tambah Cholidi.

Sementara itu, Bupati Situbondo, Dadang Wigiarto menyampaikan, rencana PTPN XI untuk mengembangkan bisnis wisata tersebut sejalan dengan program Pemkab Situbondo yang kini tengah berbenah menata sektor pariwisata.

“Kita harus siapkan destinasi wisatanya dengan baik karena target pemerintah adalah pembangunan jalan tol dari Surabaya sampai Banyuwangi. Ini menjadi potensi bagi Situbondo agar disinggahi oleh turis,” tegas Dadang.

Dadang juga berharap PTPN XI dan investor lainnya ke depan berminat mengembangkan perhotelan. Seperti diketahui, Situbondo masih minim hotel layak untuk wisatawan. Dan jumlah kunjungan wisatawan domestik dan asing di Situbondo di tahun-tahun sebelumnya rata-rata sekitar 300ribuan.@Rel-Licom