Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo. Foto,nas-ist
Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Bank Indonesia kini mendirikan kantor perwakilan di Cina, hal ini dituangkan dalam penandatanganan kesepakatan Gubernur Bank Indonesia, Agus D.W. Martowardojo dan Gubernur People’s Bank of China (Bank Sentral Tiongkok), Zhou Xiaochuan di Beijing-Tiongkok pada 5 Januari 2018 lalu.

Hal ini dilakukan karena semakin pentingnya peran Tiongkok pada perekonomian global dan kawasan, khususnya bagi Indonesia tentunya.

“Adanya Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Beijing agar semakin optimal hubungan ekonomi dan keuangan kedua negara dan meningkatkan pemahaman tentang perkembangan dan kebijakan ekonomi dan keuangan di Tiongkok serta implikasinya bagi Indonesia”, ujar Gubernur BI, Agus D.W. Martowardojo dalam keterangan resminya, Jumat (12/01/2018).

Agus menambahkan, keberadaan Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Beijing untuk memperkuat kerja sama yang telah terjalin antara BI dengan People’s Bank of China.

“Kantor perwakilan tersebut juga berperan penting sebagai kontak utama dan penghubung dengan People’s Bank of China, Badan Pemerintah Tiongkok lainnya, serta para pelaku pasar keuangan di sana,” tandasnya.

Kantor Perwakilan BI di Beijing merupakan kantor perwakilan di luar negeri ke-5, tak hanya di Tokyo (Jepang), Singapura, London (Inggris), dan New York (Amerika Serikat).@Rel-Licom