Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Jadi Ketua DPR, Bambang Soesatyo dinilai sangat mumpuni
Bambang Soesatyo ditugaskan Partai Golkar untuk jadi Ketua DPR RI.
HEADLINE UTAMA

Jadi Ketua DPR, Bambang Soesatyo dinilai sangat mumpuni 

LENSAINDONESIA.COM: Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto menyatakan bahwa sekian nama kader yang muncul ke permukanaan memang memiliki kemampuan untuk duduk di kursi Ketua DPR. Namun setelah sesuai pembahasan dan mekanisme di intenal Golkar dan komunikasi dengan tokoh dewan pembina, dewan pakar partai, nama Bambang Soesatyo dinilai memiliki pengalaman panjang berpolitik di partai.

Bambang Soesatyo biasa disapa Bamsoet merupakan mantan pewarta di salah satu harian surat kabar. Bahkan, di banyak organisasi, Bambang memiliki jabatan di level pengurus.

“Mungkin kategori kebanyakan, jadi diminta lebih aktif di DPR. Maka saudara Bamsoet yang ditetapkan mengisi jabatan lowong Ketua DPR setelah Setnov,” ujarnya di Gedung DPR RI, Jakarta, Senin (15/1/2018).‎

Kinerja DPR periode 2014-2019 tersisa kurang lebih satu tahun enam bulan. Sebab, memasuki tahun politik menjadikan kerja-kerja DPR tersita. Sementara publik menuntut kerja DPR maksimal. Sebab itulah parlemen membutuhkan sosok Ketua DPR yang mampu meningkatkan cita kelembagaan legislatif.

“Untuk memperoleh kepercayaan dari masyarakat terutama mencerminkan produktifitas dan aspiratif agar dapat berwibawa dan bermartabat di mata publik,” ujarnya.

Sementra itu, Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah mengatakan surat dari Golkar telah masuk ke meja pimpinan. Karena itu pimpinan DPR pun menindaklanjuti dengan menggelar rapat Bamus. Kemudian rapat paripurna dengan agenda tunggal pelantikan Bamsoet sebagai Ketua DPR.

Menurutnya secara formal memang surat Golkar masuk ke meja pimpinan hari ini. Namun secara komunikasi, sudah diberitahukan sebelumnya oleh Golkar perihal nama Bamsoet yang bakal menggantikan Setnov.

Fahri menilai sosok Bamsoet sebagai orang yang cukup lama di parlemen. Menjadi anggota dewan di periode keduanya, yakni 2009-2014 dan 2014-2019. Menurutnya Bamsoet orang yang cukup aktif.

“Jadi kalau dari sisi pengalaman dan penguasaan masalah tentu Pak Bamsoet bisa dibilang sudah sangat mumpuni untuk memimpin DPR,” pungkasnya.@putera