LENSAINDONESIA.COM: Kebakaran terjadi di Tunjungan Plasa III, tepatnya di tenant Fun World yang ada di lantai 5. Sedikitnya 5 unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api yang muncul pada Rabu (17/1/2018) sekitar pukul 04.00 WIB.

Informasi yang dihimpun Lensa Indonesia, penyebab kekabaran diduga dari arus pendek trafo pada salah satu wahana permainan Fun World. Api dengan cepat membesar dan asapnya memenuhi mall di Jl Basuki Rahmad, Surabaya ini. Bahkan, petugas pemadam kebakaran butuh waktu kurang lebih 4 jam untuk memastikan api benar-benar mati.

“Penyebabnya karena arus pendek di salah satu box listrik permainan lalu merambat pada box lainnya. Total ada delapan box terbakar,” ujar Kepala Dinas Pemadam Kebakaran, Chandra Oratmangun saat di konfirmasi, Rabu (17/1/2018).

Chandra menambahkan, kebakaran yang ada di wahana permainan hanya 15 persen. Namun, petugas tetap memadamkan hingga benar-benar tidak ada asap yang mengepul. “Dari korsleting delapan box listrik itu menimbulkan banyak asap. Jadi kami berupaya menetralkan hingga benar-benar padam dengan melakukan pebasahan,” tambahnya.

Chandra mengakui sistem proteksi kebakaran pada bangunan mall tersebut sangat bagus dan semua alat pencegahan kebakaran seperti sprinkle dan alarm detector (pendeteksi asap) berfungsi dengan baik. “Waktu kami di lokasi saja tidak melakukan pemadaman pada api, tapi hanya menetralkan lokasi agar tak ada asap,” tutupnya. @nanda