Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Panwaslu Surabaya imbau ASN jaga netralitas di Pilgub Jatim
Panitia Pengawas Pemilu. FOTO: logo
Jawa Timur

Panwaslu Surabaya imbau ASN jaga netralitas di Pilgub Jatim 

LENSAINDONESIA.COM: Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Surabaya akan melantik 154 petugas Pengawas Pemilihan Lapangan (PPL) se-Surabaya pada 19 Januari 2018.

Ketua Panwaslu Kota Surabaya Surabaya, Hadi Margo Sambodo menyampaikan, tahapan ini merupakan bagian dari penguatan kelembagaan dengan menambah 1 personel pengawasan di wilayah kelurahan. Dengan adanya PPL ini diharapkan mampu meningkatkan pelaksanaan pengawasan pemilihan kepala daerah 2018.

Demi terselenggaranya Pilkada bersih, Hadi Margo mengibau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara (ASN) di Surabaya untuk menjaga netralitas. Hal ini seusai dengan amanah Undang-Undang (UU) nomor 10 Tahun 2016 Tentang Pemilihan Gubernur, Bupati, dan Walikota dan Peraturan Pemerintah Nomor 42 Tahun 2004 Tentang Pembinaan Jiwa Korps dan Kode Etik Pegawai Negeri Sipil.

“Dalam momentum kali ini saya menghimbau kepada seluruh Aparatur Sipil Negara di semua tingkatan yang ada di Surabaya untuk netral dan tidak terlibat dalam politik praktis. Jika masyarakat menemukan indikasi keterlibatan lurah, camat di wilyahnya terlibat aktifitas politik laporkan segera ke Panwaslu atau Panwaslu Kecamatan di wilayah masin-masing,” tegasnya kepada lensaindonesia.com, Rabu (17/01/2018).

Hadi Margo menyampaikan, imbauan agar ASN menjaga netralitas ini dilakukan sebab salah satu tugas Panwaslu adalah melakukan pencegahab terhadap dugaan pelanggaran di setiap tahapan.

“Kita selalu bekoordinasi dengan KPU, kepolisian dan kejaksaan demi terwujudnya situasi Pilkada di Kota Surabaya kondusif dan berjalan seperti diinginkan masyarakat,” pungkasnya.@LI-13

Baca Juga:  Pemkab Jombang dan Bea Cukai Kediri Sosialisasi Larangan Rokok Tanpa Cukai