Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Orang Indonesia dikenal dengan kekerabatan yang sangat kental. Salah satunya terlihat ketika berkumpul di meja makan.

Hal itulah yang coba terus dihidupkan kembali oleh Hotel Santika Jemursari, Surabaya. Salah satunya dengan penyajian menu rijsttafel.

“Konsep penyajian makanan ini berasal dari Belanda. Yaitu seluruh makanan disajikan di meja dalam satu waktu. Kami ingin menciptakan kekeluargaan yang erat,” ujar Choirul Abidin, Chef Santika Jemursari ditemui Rabu (24/1/2018).

Meski demikian,penyajian lengkap sesuai tata cara perjamuan resmi ala Eropa. Diawali dengan makanan pembuka (appetizer), lalu makanan utama, dan diakhiri dengan makanan penutup. “Konsep penyajian seperti ini baru pertama kali ada disini,” katanya.

Makanan yang disajikan bukanlah masakan Eropa melainkan masakan Nusantara. Di Hotel Santika Jemursari, menu yang disajikan bervariasi seperti karedok, rujak cingur, kikil, sate ayam, gurame sambal mattah, es timun segar, dan aneka macam nasi.

“Menunya dua nasi, 2 sup (kuah), 2 pembuka, 2 sayur, 4 lauk, 2 hidangan penutup plus es, bonus buah dan es teh/free flow,” jelasnya.@licom