Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Di Bangkok, delegasi PWI dikukuhkan jadi Wakil Ketua Konfederasi Wartawan ASEAN
Ketua Bidang Luar Negeri PWI, Teguh Santoso.@foto.ist
International

Di Bangkok, delegasi PWI dikukuhkan jadi Wakil Ketua Konfederasi Wartawan ASEAN 

LENSAINDONESIA.COM: Kerjasama yang baik dan erat antara organisasi profesi wartawan negara-negara anggota ASEAN merupakan kunci penentu keberhasilan integrasi kawasan Asia Tenggara.

Ketua Bidang Luar Negeri Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Teguh Santoso menyampaikan hal itu saat bersama rombongan delegasi PWI di Bangkok, Thailand, menghadiri sidang Majelis Umum Konfederasi Wartawan ASEAN (CAJ) ke-19 mulai Kamis ini, 25 hingga Sabtu, 27 Januari 2018.

“Tentu saja kerjasama ituharus didirkan di ataspondasiyang tinggi terhadapetika profesi,” tandas Teguh dalam keterangannya yang dikirim ke berbagai redaksi media di tanah air.

“Apalagi di zaman now, dimana arus informasi begitu deras dan cepat, hoax dan ujaran kebencian menjadi santapan sehari-hari, duniamemerlukan kelompok wartawan yang sungguh- sungguh menghormati etika profesi, mengedepankan kepentingan publik,” tambah Teguh.

Wartawan yang kompeten, kata Teguh, termasuk didalamnya menghormati etika jurnalistik, akan menjadi filter informasiyang sehat. “Integrasi ASEAN membutuhkan kerjasama ini,” tukasnya lagi.

Anggota delegasi PWI selain Teguh, yaitu Direktur CAJ Bob Iskandar, Ketua PWI Bangka Belitung Mohammad Fathurrahman, Ketua PWI Kalimantan Barat Gusti Yusri Ismail, Ketua PWI Jambi Saman Muraki, Ketua PWI Sulawesi Barat Naska Mahmud Nabhan, Wakil Ketua PWI Bangka Belitung Nico Alpandy, Ketua Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) Kalimantan Barat Haryani.

Sidang Majelis Umum CAJ ini membahas berbagai isu yang tengah terjadi di kawasan Asia Tenggara, juga perkembangan pers di masing-masing negara ASEAN.

“Sidang Majelis Umum CAJ akan meresmikan transfer kepemimpinan CAJ dari Vietnam kepada Thailand. Sementara Indonesia (PWI) akan menjadi wakil Ketua CAJ,” papar Teguh. Sidang ini juga akan menetapkan Kaboja sebagai anggota baru CAJ. @licom_09

Baca Juga:  Kemenristekdikti tunjuk UMM jadi tuan rumah kontes Kapal Cepat Tak Berawak 2019