LENSAINDONESIA.COM: Malam ini, Komisi Pemilihan Umum (KPU) akan menyelenggarakan pengundian nomor urut partai politik peserta pemilu 2019.

Pengundian akan dilakukan di kantor KPU RI Jl Imam Bonjol, Jakarta Pusat pada pukul 19.00 WIB.

Staf Humas KPU, Arif P.S mengatakan, seluruh pimpinan parpol perserta pemilu akan hadir untuk mengambil nomor undian.

“Semua komisioner dan pimpinan parpol akan hadir,” katanya, Minggu (18/02/2018).

Arif mengatakan yang akan mengundi nomor urut bukan komisioner KPU, melainkan masing-masing pemimpin partai politik.

Diketahui, KPU telah menetapkan 14 partai politik peserta pemilu 2019 pada 17 Februari 2018.

Partai tersebut di antaranya Partai Amanat Nasional (PAN), Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP), Partai Golongan Karya (Golkar), Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Partai Demokrat.

Selain itu, ada Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra), Partai Kebangkitan Bangsa (PKB), Partai NasDem, Partai Hati Nurani Indonesia (Hanura), Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Berkarya, Partai Gerakan Perubahan Indonesia (Garuda), Partai Persatuan Indonesia (Perindo), dan Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Di sisi lain, KPU menyatakan Partai Bulan Bintang (PBB) serta Partai Persatuan dan Keadilan Indonesia (PKPI) tak memenuhi syarat. Sebab, kata Ketua KPU Arief Budiman, kepengurusan PBB di Provinsi Papua Barat tak memenuhi syarat. Begitu juga dengan kepengurusan PKPI di Provinsi Jawa Barat, Jawa Timur, dan Jawa Tengah, yang dianggap tidak memenuhi syarat.

Arief Budiman menuturkan pengundian nomor urut tetap dilaksanakan sesuai dengan jadwal walaupun masih ada partai yang mengajukan sengketa. “Tahapan itu sudah disusun. Setelah penetapan itu, pengundian nomor urut, maka kami harus lakukan itu,” ujarnya.@LI-13