Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Mantan Gubernur DKI Jakarta, Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok mengajukan peninjauan kembali ke Mahkamah Agung. Berkas pengajuan PK sudah diterima Mahkamah Agung pada 2 Februari lalu.

Ahok mengajukan PK terhadap Putusan Pengadilan Negeri Jakarta Utara Nomor 1537/Pid.BIZO16/PN.Jkt.Utr yang telah berkekuatan tetap dan pidananya sudah dijalani Ahok. Kepala Biro Hukum dan Humas MA Abdullah membenarkan upaya hukum dari Ahok. “Tanggal 2 Februari 2018 kuasa hukum Ahok mengajukan upaya hukum Peninjauan Kembali kepada MA-RI,” katanya dalam pesan singkat, Senin (19/2/2018).

Pengajuan PK melalui Ketua Pengadilan Negeri Jakarta Utara. Setelah menerima penetapan penunjukan hakim pemeriksa permohonan PK, sidang perdana kaan dilaksanakan 26 Februari mendatang.

Sidang kedua dijadwalkan pekan berikutnya dengan agenda mendengarkan jawaban jaksa.

Adapun surat pemanggilan dilakukan melalui bantuan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat. Hal ini dikarenakan kuasa hukum Ahok berdomisili di wilayah Pengadilan Negeri Jakarta Pusat.

“Hakim pemeriksa upaya hukum peninjauan kembali membuat Berita Acara Pendapat kemudian dikirim ke Mahkamah Agung bersama dengan berkas perkara secara lengkap,” katanya.

Ahok divonis dua tahun bersalah pada 9 Mei lalu terkait kasus penodaan agama. Sebelumnya, jutaan Muslim melakukan aksi besar dari organisasi massa Islam terkait video pidatonya di Kepulauan Seribu pada 27 September 2016. Kala itu, ia menyebut ada pihak yang menggunakan Surat Al Maidah 51 untuk berbohong. @licom