Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Bunda, Hindari Jenis Makanan Bayi Berikut Ini!
Syuran dan buah. FOTO: unlitips.com
Advertorial

Bunda, Hindari Jenis Makanan Bayi Berikut Ini! 

LENSAINDONESIA.COM: Setiap ibu tentu setuju bahwa bayi membutuhkan asupan nutrisi yang seimbang dan lengkap dalam mendukung tumbuh kembangnya. Itu sebabnya, sebagai orang tua, Anda harus lebih memerhatikan jenis makanan yang dikonsumsi si Kecil. Pastikan Ibu memilih makanan yang lengkap akan protein, karbohidrat, dan serat. Namun, ada beberapa jenis makanan yang kita pikir baik untuk si Kecil, ternyata secara tidak sadar bisa memengaruhi kesehatannya. Bunda, berikut adalah beberapa makanan yang menurut ahli tidak disarankan untuk diberikan kepada bayi.

Madu

Madu dikenal akan segudang manfaatnya bagi tubuh. Beberapa ahli bahkan menjelaskan bahwa madu dapat berfungsi sebagai antibiotik untuk memerangi bakteri dalam tubuh. Terlepas dari segala manfaatnya, pemberian madu tidak disarankan pada bayi berumur di bawah satu tahun. Sebuah penelitian di Amerika menyatakan bahwa madu mengandung bakteri penghasil racun dalam usus yang dapat meningkatkan risiko bayi terkena botulisme atau kondisi keracunan. Selain itu, madu juga mengandung kadar gula tinggi yang dapat memicu kerusakan gigi pada anak. Itu sebabnya, hindari memberi madu jika si Kecil masih berusia di bawah satu tahun ya!

Gula dan Garam

Tahukah Ibu? Pada dasarnya, bayi berumur di bawah sembilan bulan tidak membutuhkan asupan gula dan garam sama sekali. Beberapa dokter anak sepakat bahwa memberikan garam pada si Kecil bisa mengganggu kinerja ginjal pada tubuhnya. Selain itu, mengkonsumsi gula terlalu dini juga bisa merusak gigi susu si Kecil. Tidak hanya itu saja, kandungan yang ada pada gula juga dapat membuat si Kecil kecanduan sehingga ia menjadi hiperaktif. Oleh karena itu, para dokter sepakat bahwa orang tua sangat disarankan untuk tidak memberi si Kecil garam dan gula sebelum ia berusia sembilan bulan.

Baca Juga:  Timnas Indonesia U-19 hadapi China di GBT, suporter diimbau tak bawa flare

Telur

Ibu mungkin sering mendengar keluhan seseorang yang terkena alergi akibat mengkonsumsi telur? Pada dasarnya, telur merupakan salah satu makanan yang paling padat gizi, di antaranya adalah mengandung 90% kalsium, zat besi, dan mineral. Selain itu, telur ayam juga kaya akan vitamin dan sumber protein yang amat sangat tinggi. Namun, perlu Ibu ketahui bahwa telur tidak baik dikonsumsi oleh bayi berumur di bawah 9 bulan. Kenapa? Pasalnya, telur berpotensi menimbulkan alergi. Itu sebabnya, tunda pemberian telur pada bayi, ya!

Jenis Sayuran yang Mengandung Gas

Kebanyakan Ibu mungkin berpendapat bahwa memberikan sayur pada bayi bisa membuat bayi sehat. Ternyata, tidak semua sayuran baik untuk dikonsumsi bayi, lho! Perlu Ibu ketahui, bahwa jenis sayuran yang mengandung gas lebih baik tidak diberikan kepada anak di bawah satu tahun. Jenis sayuran ini dikhawatirkan akan membuat perut bayi menjadi kembung, seperti kubis, brokoli, dan kol. Nah, jika si Kecil tidak suka makan sayur, coba akali dengan menyiapkan perlengkapan makanan bayi dengan karakter kartun yang lucu.

Gorengan

Mungkin aturan untuk menghindari pemberian jenis makanan yang satu ini sudah Ibu ketahui sebelumnya. Betul Bu, bayi di bawah lima tahun dianjurkan untuk mengkonsumsi makanan yang direbus dan menghindari gorengan. Untuk anak di atas satu tahun, gorengan dapat dikonsumsi secara berkala, yaitu seminggu dua kali. Namun, pastikan Ibu menggunakan minyak zaitun, canola, salad oil, atau sunflower seed oil ya! Jika dibandingkan dengan mentega, lebih baik menggoreng makanan dengan minyak dikarenakan cara ini belum mengalami proses pemadatan yang menyebabkan terjadinya perubahan dari lemak tidak jenuh (baik) menjadi lemak jenuh (jahat).

Sekarang, Ibu jadi lebih mengerti soal jenis-jenis makanan yang baiknya tidak dikonsumsi oleh sang buah hati. Nah, bagaimana jika si Kecil menolak untuk makan? Yuk coba beri ia berbagai jenis perlengkapan makanan bayi yang lucu. Dijamin ia akan jadi lebih semangat dalam menikmati makan siang atau malamnya!

Baca Juga:  Pemuda Muhammadiyah sampaikan pemikiran pembangunan pada pimpinan DPRD Surabaya