LENSAINDONESIA.COM: Menteri Perhubungan RI, Budi Karya Sumadi, Selasa (27/2/2018) siang, mengunjungi Satpas Colombo Polrestabes Surabaya, untuk meninjau langsung pembuatan SIM A Umum driver taksi online maupun konvensional.

Selain itu, Menteri Budi juga meninjau langsung pendaftaran SIM A Umum dengan harga terjangkau yang diadakan Kementerian Perhubungan RI. “Ya hari ini kami beri subsidi tarif pembuatan SIM A untuk driver konvensional dan driver online. Cukup bayar Rp 100 ribu saja, SIM sudah bisa didapatkan,” ujar Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi di sela-sala kunjungannya di Satpas Colombo Surabaya.

Budi menambahkan, permohonan SIM A di Satpas Colombo direncanakan dibuka untuk 200 pemohon. “Bertahap nantinya, sekarang dibuka 200 dulu,” tambahnya.

Sementara itu, sebelum beranjak meninggalkan Satpas Colombo, Budi juga menyempatkan memantau langsung proses uji simulator pemohon SIM di ruang uji simulator. “Saya lihat polisi-nya sabar kepada pemohon (SIM), mereka benar-benar melatih yang benar dan ‘ngemong’. Nah ini yang menjadi satu kolaborasi yang baik,” imbuhnya.

Perlu diketahui, SIM A Umum yang dimaksud sudah diamanatkan dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, sehingga menjadi syarat mutlak bagi driver online maupun konvensional untuk berkendara. @nanda