LENSAINDONESIA.COM: Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi menegaskan bahwa Uji Kir pada mobil bukannya diketok melainkan hanya dicantolkan di mesin mobil.

Hal itu untuk mengklarifikasi pemahaman driver taksi online bahwa Uji Kir taksi online adalah dengan cara diketok atau diembos (teknik membuat permukaan jadi menonjol).

“Kir khusus taksi online itu tidak diketok mesinnya, tapi hanya dikalungkan ke mesinnya (mobil). Kita ingin driver bisa bekerja dengan baik. Sepakat ya…,” papar Menhub Budi Karya Sumadi di sela-sela kunjungannya di Satpas Colombo Polrestabes Surabaya, Selasa (27/2/2018).

Menhub Budi menambahkan, selama tiga bulan ke depan pihaknya akan terus mensosialisasikan regulasi pembuatan SIM A Umum di berbagai daerah di Indonesia.

Bahkan Kementerian Perhubungan menargetkan driver taksi online bisa mengutamakan keselamatan saat mengantar penumpang. “Apalagi driver nyupir untuk orang lain. Jadi wajib untuk mereka menaati peraturan (Permenhub Nomor Nomor 108 Tahun 2017). Agar driver juga bertanggung jawab pada penumpang,” tambahnya.

Oleh karenanya, Peraturan Menteri Perhubungan Nomor 108 Tahun 2017 tentang Angkutan Orang dengan Kendaraan Bermotor Umum Tidak Dalam Trayek, mewajibkan driver memiliki SIM A umum dan sudah Uji Kir.

Sementara itu, Sekjen GGB (salah satu paguyuban taksi online), Iqbal Ginanjar, mengaku penjelasan Manteri Perhubungan soal pelurusan Uji Kir itu langsung dipahami para driver. Dia dan rekan-rekan mengaku selama ini menilai Uji Kir yang dimaksud dengan cara diketok platnya atau diembos pada chasis body kendaraan (mobil). “Pak Menteri Perhubungan sudah mengklarifikasi bahwa Uji Kir yang dimaksud bukan dengan diketok atau diembos,” ujarnya.

Iqbal juga memaparkan, pelaksanaan Uji Kir berhubungan dengan dengan asuransi Jasa Raharja dan Jasa Raharja Putra terkait kuota dan keselamatan penumpang. “Saat mobil sudah diuji Kir-kan, kami bisa mengurus Jasa Raharja dan Jasa Raharja Putra yang otomatis digunakan untuk meng-cover asuransi penumpang. Jika tadinya kecelakaan tunggal dicover sendiri oleh driver, tapi melalui uji Kir ini semuanya dapat dicover,” pungkasnya. @nanda