Advertisement

LENSAINDOESIA.COM: Kini Facebook memberikan penawaran bagi pengiklanan model baru, yakni menyasar pada segmen aplikasi pesan.

Country Manager Facebook Indonesia, Sri Widowati menyampaikan, aplikasi pesan mempermudah bisnis untuk mengkomunikasikan hal baru untuk masyarakat.

“Kami yakin iklan Messenger mempermudah pelaku bisnis berinteraksi dan berkomunikasi lebih baik dan memberikan hasil nyata untuk bisnisnya,” ujar Widowati di Jakarta, Kamis (02/03/2018).

Ia menambahkan, tak semua produk menggunakan konsep iklan jenis ini. Yang paling pas adalah produk yang memiliki kebutuhan costumer service tinggi.

“Seperti halnya perbankan, travel. Misalkan produk consumer good seperti shampo informasinya sudah jelas jadi tak dibutuhkan,” tandas Widowati.

Untuk konsep baru ini, Facebook menawarkan dua solusi iklan yang terkoneksi aplikasi pesan atau dikenal dengan Messenger. Pertama, iklan Click-to-Messenger agar pengguna tergabung di satu percakapan pada Messenger dengan bisnis atau produk bagi mereka.

Kedua, pesan sponsor Messenger, konsep iklan berbayar yang didirect (kirim langsung) ke semua orang yang pernah membuka percakapan dengan Facebook Page sebuah bisnis. Pesan ini akan diberi label “berbayar” atau “sponsored” pada obrolan.

Jadi, tak semua bisnis bisa menggunakan iklan Messenger jenis ini. Facebook akan memfilter dan menganalisa dahulu sebelum menyetujui penggunaan iklan.

“Untuk fungsi tersebut, kami menggunakan sistem verified account layaknya pada Instagram, dan hanya bisnis yang terverifikasi bisa menggunakan iklan Messenger ini,” pungkas Widowati.@bis,Eld-Licom