Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.   
Trump sebut Xi Jinping bakal jadi presiden China seumur hidup
Presiden AS Donald Trump (REUTERS/Yuri Gripas)
Amerika

Trump sebut Xi Jinping bakal jadi presiden China seumur hidup 

LENSAINDONESIA.COM: Presiden Amerika Serikat, Donald Trump memuji Presiden China, Xi Jinping menjadi presiden seumur hidup. Potensi ini muncul setelah Partai Komunis Cina yang berkuasa telah menghapus klausul konstitutsi yang membatasi presiden menjabat dua periode saja.

“Dia akan menjadi presiden seumur hidup, presiden selamanya. Dan dia sangat hebat,” kata Trump, menurut rekaman audio yang disiarkan CNN.

“Dan lihatlah, dia mampu melakukan hal itu. Saya kira itu sangat hebat. Mungkin kita harus mencobanya pada suatu hari nanti,” kata Trump saat hadir di panggalangan dana di Florida, Sabtu waktu setempat.

Trump juga memuji Xi sebagai “lelaki gentleman” dan menambahkan :”Dia adalah presiden terkuat (China) dalam 100 tahun.”

Trump kerap melempar pujian terhadap Xi Jinping. Tapi pada Januari lalu, pada Reuters, Amerika Serikat mempertimbangkan “denda besar” sebagai bagian dari tuduhan keterlibatan China dalam pencurian hak intelektual. Dia dikritik soal kebijakan perdagangan China.

Yang jelas, pujian Trump kali ini memantik kritik dari politisi Partai Demokrat AS, Ro Khanna. Lewat Twitter, ia menyindir Trump yang melontarkan pujian untuk Presiden Xi Jinping. ”Apakah itu sebuah lelucon atau tidak, berbicara tentang menjadi Presiden seumur hidup seperti Xi Jinping adalah sentimen paling tidak pas diungkapkan oleh seorang Presiden Amerika Serikat. George Washington akan berguling-guling di kuburannya,” tulis dia, seperti dikutip Reuters.

Sekadar diketahui, untuk mengubah konstitusi AS soal larangan jabatan presiden seumur hidup diperlukan dukungan awal dua pertiga dari anggota Kongres atau dukungan dua pertiga anggota legislatif di setiap negara bagian.@licom

Baca Juga:  Menkominfo: "eSport di Indonesia sumbang Rp 14 triliun ekonomi Indonesia"