LENSAINDONESIA.COM: Yayasan Ksatria Medika bekerja sama dengan dengan PT Pelindo Husada Citra (PHC) gelar pengobatan gratis untuk warga sekitar Terminal Kalimas, Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya di Rumah Sakit Terapung yang dikelola PT PHC, Minggu (11/03/2018).

Gelaran ini dalam rangka bakti sosial dari Ikatan Alumni Universitas Airlangga.

“Di hari pertama kegiatan, sudah dilaksanakan 17 operasi kepada pasien. 2 pasien dengan operasi besar dan 15 pasien operasi kecil telah berlangsung kemarin. Hari ini rencananya akan berlangsung khusus operasi mata,” ujar dr. Pudjo Hartono, sebagai ketua penyelenggara.

Rumah Sakit terapung, lanjut dr. Pudjo, merupakan kapal memiliki fasilitas layaknya rumah sakit. Berbentuk Kapal Phinisi yang dibuat pengrajin asli Makassar ini berlayar menuju pulau-pulau terpencil untuk menjangkau masyarakat lemah dari sisi fasilitas kesehatan maupun ekonomi.

“Kapal rumah sakit terapung ini memiliki 2 kamar operasi, ruang pulih sadar, ruang sterilisasi, ruang administrasi, ruang ganti baju kamar operasi, gudang obat, dapur, kamar tim medis, dan ruang pengemudi. RS Terapung diharapkan jadi salah satu alternatif solusi permasalahan kesehatan anak bangsa di daerah tertinggal untuk mencapai prinsip Health For All,” tandas dr. Pudjo.

Sementara itu, Direktur Operasional PT Pelindo Husada Citra, dr. Ikawati mengungkapkan, ia sangat mengapresiasi positif pada aktifitas Rumah Sakit Terapung tersebut untuk menggelar acara yang benar-benar membantu masyarakat ini.

“PT PHC melalui unit usahanya RS PHC Surabaya, mendukung penuh bakti sosial ini dan menjadi bentuk kepedulian PT PHC pada kesehatan masyarakat kurang mampu”, tegasnya.

dr. Ika menambahkan, kali ini PT PHC memberikan bantuan tenaga medis berupa dokter, perawat bedah, dan perawat anestesi, serta tenaga apoteker.

“Tak hanya itu, pihak kami juga sudah menyediakan obat-obatan sebagai penunjang layanan medis gratis tersebut. Apalagi RS PHC Surabaya juga menjadi Rumah Sakit rujukan pasca penanganan operasi yang dibutuhkan oleh pasien,” papar dr. Ika.@Rel-Licom