Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Kampung Edukasi Sampah Sekardangan diklaim inovatif oleh Bupati Sidoarjo
Di malam penganugerahan Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) Zero Waste Academy 2017-2018. Nampak Edi Priyanto, Ketua RT.23 RW 07 Kelurahan Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo sedang mengangkat thropy (ujung kiri) hadir pula Bupati Sidoarjo Syaiful Ilah (tengah kenakan jas). Foto-ist
HEALTH

Kampung Edukasi Sampah Sekardangan diklaim inovatif oleh Bupati Sidoarjo 

LENSAINDONESIA.COM: Tepatnya du RT.23 RW.07 Kelurahan Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo atau “Kampung Edukasi Sampah” diakui sebagai Kampung yang terinovasi di Kabupaten Sidoarjo oleh Bupati Sidoarjo, H. Saiful Ilah.

Penghargaan ini disampaikan saat malam penganugerahan Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) Zero Waste Academy 2017-2018 kepada Edi Priyanto, Ketua RT.23 RW 07 Kelurahan Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo di Alun-alun Sidoarjo Sabtu, (10/03/2018).

Camat Sidoarjo Kota, Agus Maulidy, M.Si nampak bangga atas prestasi Kampung Edukasi Sampah RT.23 Kelurahan Sekardangan yang berhasil memborong 4 penghargaan dari 4 kategori yang berbeda.

Agus mengatakan, kepedulian terhadap pemilahan dan pengolahan sampah tak hanya fokus saat kegiatan lomba saja.

“Masyarakat juga sudah biasa mengelola sampah sehari-harinya dan hal ini sudah ada di Kampung Edukasi Sampah. Kami harap program kompetisi seperti ini terus digelar agar memotivasi masyarakat untuk mewujudkan sebuah budaya hidup bersih dikalangan masyarakat Sidoarjo,” tandas Agus.

Sementara itu, Santoso Kepala Kelurahan Sekardangan menyampaikan, tak hanya melakukan pemilahan dan pengolahan sampah, namun RT.23 Sekardangan kini dijadikan role model pembelajaran pengelolaan sampah, mulai dari sampah rumah tangga dan sampah disekitarnya agar diolah menjadi kompos maupun aneka ketrampilan.

“Ya tak berlebihan jika kampung yang dikenal sebagai kampung edukasi sampah ini dinobatkan sebagai kampung terinovasi di Sidoarjo oleh Bapak Bupati Sidoarjo”, tutur Santoso.

Ketua RT.23 Sekardangan, Edi Priyanto juga menyabet gelar sebagai Presenter Terbaik dalam Program Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) 2017-2018 tersebut.

“Saya percaya kepada apa yang telah diupayakan Pemkab Sidoarjo melalui penyelenggaraan Sidoarjo Bersih dan Hijau (SBH) Zero Waste Competition ini akan berdampak besar bagi masyarakat Sidoarjo khususnya dalam hal perubahan kebiasaan memilah dan mengolah sampah dengan benar,” ujar Edi dalam keterangan resminya, Selasa (13/03/2018).

Sebelumnya, RT. 23 Kelurahan Sekardangan, Kecamatan Sidoarjo merintis kampungnya menjadi sebuah “Kampung Edukasi Sampah” bagi para generasi muda. Kini, Kampung Edukasi Sampah itu mulai ramai dikunjungi warga dari berbagai daerah khususnya para pelajar berbagai sekolah untuk belajar mengelola sampah. Diantaranya, mempelajari bagaimana pengolahan sampah rumah tangga menggunakan komposter tong takakura maupun komposter aerob serta pembuatan pupuk cair organik yang juga berasal dari sampah rumah tangga.@Rel-Licom