Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Survei INES: Milton-Boyman tetap unggul
HEADLINE

Survei INES: Milton-Boyman tetap unggul 

LENSAINDONESIA.COM: Indonesia Network Election Survei (INES) melakukan survei menjelang Pilgub 2018 di Kalimantan Barat yang dilaksanakan pada 26 Februari- 8 Maret 2018.

Menurut survei INES teraebut dengan jumlah responden sebanyak 1.984 orang yang tersebar secara proposional di 14 kota/kab se-Kalimantan Barat dengan Tingkat Kepercayaan 95% Margin of Error +/- 2,2%.

Untuk tingkat popularitas, seperti hasil survei sebelumnya, ternyata Pasangan Milton Crosby – Boyman Harun tetap terastas dan sangat populer serta disukai oleh Masyarakat. Hal ini diungkapkan Direktur Eksekutif INES, Sutisna melalui siaran persnya, Selasa (12/3/2018).

“Pasangan ini dinilai responden paling dekat dengan masyarakat Kalimantan Barat hal ini ditunjukan dengan hampir 96,7% responden suka dan kenal dengan Milton Crosby – Boyman Harum,” ujarnya.

Sementara Pasangan Karolin Margarets Natasya – Suryadman Gidot ternyata tidak begitu populer, hanya dikenal sekitar 71,8% responden. Kemudian disusul pasangan Sutarmidji- Ria Noorsan 64,4% responden.

Lanjut Sutisna, begitu juga dengan tingkat Akseptabilitas. Dimana pasangan Milton Crosby – Boyman Harun mendapat respon 96,6%.

“Artinya, dengan raihan 96 persen lebih, asyarakat sangat menginginkan Milton – Boyman untuk memimpin Provinsi Kalimantan Barat,” ucapnya.

Karena kata dia, pasangan Sutarmidji- Ria Noorsan hanya diterima 68,7 % masyarakat Kalimantan Barat. Dan pasangan Karolin Margareth- Suryadman Gidot hanya sebesar 64,6 % saja.

Demikian pula dalam tingkat kompetisi, lagi-lagi paslon yang dinilai dari kemampuan, keahlian, kejujuran serta bersih dari kasus kasus korupsi, adalah Milton Crosby – Boyman Harun.

“Ini bisa kita lihat, perolehan suaranya cukup tinggi, Milton-Boyman dianggap memiliki kriteria diatas dengan jumlag 95.8 %. Kemudian disusul pasalon Sutarmidji- Ria Noorsan 77,6% dan Kartius – Pensong 67,9%,” tukasnya.

“Sementara, paslon Karolin Margareth Natasya – Suryadman Gidot hanya dinilai memiliki kompetensi sebagai kepala daerah oleh 63,7% responden saja,” bebernya.

Baca Juga:  Buron curanmor ditangkap saat antri BBM di SPBU Jl Kenjeran

Ketika responden diberikan pertanyaan semi terbuka, ternyata 43,9% masyarakat Kalbar memilih pasangan Milton Crosby- Boyman Harun. Kemudian 20,9% memilih pasangan Sutarmidji- Ria Noorsan,18,4% memilih pasangan Karolin Margareth – Suryadman Gidot dan idak menjawab sebanyak 16,2%.

“Yang menarik, ketika ditanya mengunakan kuisioner tertutup, pasangan mana yang dipilih nanti jika Pilkada Kalimantan Barat dilaksanakan hari ini, lagi-lagi pasangan Milton Crosby- Boyman Harun meraih urutan pertama,” ujarnya.

Milton-Boyman kata dia, dipilih oleh 48,7% responden, kemudian Sutarmidji – Ria Noorsan 21,6%, dan pasangan Karolin Margareth Natasya – Suryadman Gidot 18,6%. Yang tidak Menjawab sebanyak 11,1%. Alasan lebih memilih Milton – Boyman jelasnya, karena masyarakat ingin Kalimantan Barat aman dan tentram. Dan yang bisa menciptakan situasi terbut hanyalah mereka. @putera