Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Jombang terapkan GISA, layani administrasi KTP elektronik di empat kecamatan
Plt Bupati Jombang Setiadjit secara simbolik menyerahkan KTP elektronik pada warga. (LICOM/Ibnu Alfarobi).
HEADLINE

Jombang terapkan GISA, layani administrasi KTP elektronik di empat kecamatan 

LENSAINDONESIA.COM : Berpolemik cukup lama dan menimbulkan kegaduhan pelayanan publik. Kini kebijakan pembuatan KTP Elektronik atau KTP El di Kabupaten Jombang mulai berbenah dengan ikut mensukseskan Gerakan Indonesia Sadar Administrasi (GISA). Upaya ini dilakukan untuk memberikan pelayanan cepat dan efisien bidang administrasi kependudukan, Kamis (15/03/2018)

Pemerintah Kabupaten Jombang melalui Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dispendukcapil) berinovasi dalam pelayanan publik. Dengan memberikan pelayanan yang terbaik, cepat dan berintegritas melakukan program rekam dan cetak KTP Elektronik (E-KTP) cukup di kantor kecamatan.

Kepala Dispendukcapil Ahmad Syarifudin mengatakan, bahwa pelayanan adminitrasi kependudukan sekarang dapat dilayani di empat Kecamatan yakni Kecamatan Mojoagung, dan kecamatan ini sebagai pilot project yang teknis pelayanan melayani 5 kecamatan di sekitarnya.

Masing masing di antaranya Kecamatan Mojoagung, Peterongan, Jogoroto, Kesamben, dan Sumobito. “Selanjutnya, untuk kecamatan lainnya juga akan kita terapkan di semua wilayah eks pembantu bupati (kawedanan). Dalam satu minggu ke depan ada empat kecamatan yakni, Jombang Kota, Ngoro dan Ploso,” bebernya.

Sementara itu, Pjs Bupati Jombang, Setiajit mengatakan pelaksanaan kegiatan ini bertujuan dalam rangkla membangun kesadaran masyadaran masyarakat dalam bidang administrasi yakni untuk meningkatkan kesadaran masyarakat di Bidang Administrasi Kependudukan.

“Sehingga tercapai masyarakat yang tertib, yang didalamnya terdapat pemerintahan efektif dan efisien dan negara yang memiliki daya saing. Untuk itu, harus lebih gencar dalam mensosialisasikan 4 program pokok GISA, upaya ini untuk meningkatkan kesadaran administrasi kependudukan,” tuturnya.

Lebih lanjut, Setiajit menjelaskan empat program itu yakni, sadar atas kepemilikan dokumen kependudukan, sadar pemutakhiran data kependudukan, sadar pemanfaatan data penduduk sebagai satu-satunya data yang dipergunakan untuk semua kepentingan, serta sadar melayani administrasi kependudukan menuju masyarakat yang tertib.

Sementara ada empat kecamatan yang dapat melayani yakni Kecamatan Mojoagung, Jombang kota, Ploso, dan kecamatan Ngoro. “Kedepan diharapkan bisa dilaksanakan di semua kecamatan , selanjutnya untuk kita akan berkoordinasi dengan legislatif untuk membantu dalam menganggarkan pembelian alat cetak KTP elektronik lagi,” pungkasnya. Obi