Trending News

By using our website, you agree to the use of our cookies.    
Share foto bersama cagub Jatim di grup WA, ketua Panwascam dan PPL dikecam
FOTO I: Ketua Panwascam Asemrowo Mahfud dan Kuswoyo PPL Kelurahan Tambak Sarioso Surabaya mengapit cagub Jatim nomor urut 2. FOTO II: Kuswoyo foto bersama cagub Jatim sambil mengacungkan dua jari sesuai nomor urut cagub tersebut di Pilkada Jatim 2018.
HEADLINE DEMOKRASI

Share foto bersama cagub Jatim di grup WA, ketua Panwascam dan PPL dikecam 

LENSAINDONESIA.COM: Seorang Ketua Panitia Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) dan Pengawas Pemilu Lapangan (PPL) Kelurahan nekat menyebar foto bersamanya dengan salah satu calon gubernur Jawa Timur di grup WhatsApp (WA) Panwaslu Kota Surabaya.

Tak ayal, aksi mereka pun menuai kritik dan kecaman dari para rekan profesinya. Pasalnya, pose dengan cagub nomor urut 2 itu dinilai tidak etis lantaran terkesan menunjukkan keberpihakan.

Dua petugas pengawas tersebut adalah Mahfud yang merupakan Ketua Panwascam Asemrowo dan Kuswoyo seorang petugas PPL Kelurahan Tambak Sarioso Surabaya.

Dikonfirmasi terkait masalah ini, Irfan kurniawan Divisi Hukum dan Penangganan Pelanggaran Panwascam Asemrowo yang terlihat mencoba menghindari wartawan tersebut
tidak menampik bahwa dua orang yang ada di dalam foto adalah koleganya.

“Iya benar itu Pak Mahfud Ketua Panwascam kami dan mas Kuswoyo PPL,” ungkapnya saat ditemui lensaindonesia.com. Rabu (15/03/2018).

Irfan mengatakan bahwa foto tersebut diambil dari sebauh kegiatan sosialisasi salah satu cagub di Terminal Tambak Oso Wilangung pada Selasa 13 Maret 2018 kemarin.

“Itu acara kemarin, diluar wilayah kerja kita. Sudah ramai dibicarakan teman-teman di grup WA Panwaslu kok, jadi saya minta tidak perlu dipermasalahkan. Nanti akan diproses di internal Panwaslu,” ujarnya.

“Saya juga kaget ketika melihat dua foto tersebut dishare sendiri oleh yang bersangkutan di grup WA. Nah sekarang saya lebih kaget lagi setelah tahu foto-foto itu beredar ke masyarakat,” katanya.

Menurut Irfan, aksi Mahfud dan Kuswoyo foto bersama salah satu cagub tersebut merupakan tidakkan yang tidak ada kaitanya dengan lembaga Panwascam atau Panslu Kota Surabaya.

“Saya juga tidak tahu mengapa dan apa tujuanya foto-foto tersebut sampai dishare ke grup WA Panwas. Mungkin aksi mereka itu sifatnya pribadi, tidak ada kaitanya dengan Panwas. Secara pribadi dan teman-teman lain juga tidak ingin lembaga Panwas ini dianggap berpihak pada salah satu cagub gara-gara foto itu,” tandanya.

Baca Juga:  Polisi tangkap Eggi Sudjana jelang pelantikan presiden

Diketahui, dua buah foto Ketua Panwascam Asemrowo dan petugas PPL PPL Kelurahan Tambak Sarioso bersama seorang cagub Jatim beredar di sejulah grup WA.

Pada foto tersebut tampak Ketua Panwascam Asemrowo Mahfud dan petugas PPL Kuswoyo berpose mengapit cagub nomor urut 2. Dalam foto ini, Mahfud tampak menjabat tangan sang cagub. Sedangkan di foto lainya, Kuswoyo berfoto berdua dengan cagub sambil mengacungkan dua jari sesuai nomor urut cagub tersebut di Pilkada Jatim 2018.

Hingga berita ini diturunkan, Ketua Panwascam Asem Rowo dan Ketua Panwaslu Kota Surabaya belum bisa dimintai keterangan.@LI-13