Advertisement

LENSAINDONESIA.COM: Masih banyak ibu hamil di Indonesia yang mengalami Kekurangan Energi Kronis (KEK). Hal ini ditunjukkan Riset Data Kesehatan Dasar 2013, dimana 24,2% wanita hamil mengalami KEK.

“KEK disebabkan kekurangan asupan nutrisi dalam jangka waktu cukup lama dan menyebabkan gangguan pada ibu dan anak,” kata dokter spesialis gizi Undip, dr. Noviani Sp.GK., dalam kegiatan “Yuk Penuhi Asupan Nutrisi yang PAS – Peduli Asupan Sehat untuk Kesehatan Bunda dan Buah Hati” yang diselenggarakan PT Kalbe Blackmores Nutrition, Sabtu (17/3/2018).

Yang memprihatinkan, KEK dialami wanita subur usia 15-45 tahun. Nutrisi multi mikronutrien yang dibutuhkan seperti selenium, fish oil, enzim Q10 yang sensitif dalam pengolahannya.

“Kebutuhan multi mikronutrien masing-masing berbeda untuk ibu hamil. Oleh karena itu kita bisa bertanya pada ahlinya berapa kebutuhan kita,” imbuhnya.

Spesialis kebidanan dan penyakit kandungan, dr. Bram Pradipta, Sp.OG., mengatakan kekurangan multimikronutrien memiliki dampak cukup panjang. Bahkan bisa transgenerasi. “Nutrisi mikronutrien terbaik ada di makanan. Namun jika sulit menakar kebutuhannya maka suplemen bisa jadi solusi karena ukurannya sudah presisi,” terangnya.

Artis peran Donita Nugraha mengatakan suplemen jadi pilihan kala dia hamil. Yang ia pilih adalah Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. Kandungan esensial sesuai rekomendasi WHO, dosis tertinggi yang sesuai dengan pemenuhan harian akan kalsium dan DHA/EPA jadi alasan. “Selain itu, odourless fish oil dari sumber Omega3 tidak berbau. Jadinya lengkap, dan saya gak harus minum vitamin banyak-banyak,” kata artis yang sudah punya dua anak ini.

Marketing Manager Kalbe Blackmores Nutrition, Dian mengatakan kebutuhan menyediakan nutrisi ibu hamil jadi perhatian. Salah satunya lewat produk Blackmores Pregnancy and Breast-Feeding Gold. “Tentunya kami juga aktif roadshow ke kota-kota di Indonesia mengkampanyekan Bunda PAS ini,” pungkasnya. @licom