LENSAINDONESIA.COM: Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono dijadwalkan hadir pada Anugerah Olahraga Seksi Wartawan Olahraga (SIWO) PWI Jawa Timur, yang akan digelar di Graha Sarana PT Petrokimia Gresik, Rabu (28/03/2018) mendatang.

Dua tokoh nasional tersebut dijadwalkan menyerahkan penghargaan kepada insan olahraga terbaik di Jatim selama tahun 2017 kemarin.

“Kami sudah merajut komunikasi dengan kedua menteri. Alhamdulillah, Pak Imam dan Pak Basuki siap hadir,” ujar Ketua SIWO PWI Jatim Erwin Muhammad di kantor PWI Jatim, Kamis (22/03/2018).

Gresik yang menjadi tuan rumah dikenal sebagi kabupaten yang konsisten membina olahraga. Kota Santri terkenal sebagai produsen atlet di pelbagai bidang olahraga. Mulai dari senam, renang, bola voli putri, sepak bola, sepak takraw, ski air dan panjat tebing. Tak terhitung berapa atlet nasional yang lahir di Gresik.

Bahkan salah satu maskot Asian Games 2018, yaitu Atung berasal dari Gresik. Atung adalah sebutan untuk lain dari maskot rusa bawean dan memiliki simbol kecepatan laiknya rusa bawean. Rusa bawean adalah binatang yang hanya tersebar di Pulau Bawean, Gresik, Jawa Timur, dan merupakan hewan nokturnal.

Selain itu, Gresik juga menjadi salah satu tuan rumah Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) 2019 mendatang. Salah satu keseriusan Gresik dalam menyambut Porprov adalah dibangunnya stadion yang megah, yakni Gelora Joko Samudro yang terletak di Jalan Veteran, tak jauh dari gerbang masuk Kota Gresik.

Anugerah Olahraga SIWO PWI Jatim sendiri merupakan gelar tahunan untuk menyambut Hari Pers Nasional (HPN). Dalam acara tersebut, diberikan penghargaan terhadap atlet putra-putri dan pelatih terbaik. Untuk memilih atlet dan pelatih terbaik, melalui proses penilaian dan poling.

Selain atlet putra-putri dan pelatih terbaik, juga diberikan penghargaan untuk tokoh peduli olahraga, kabupaten/kota peduli olahraga, induk olahraga berprestasi, instansi peduli olahraga dan berbagai penghargaan lainnya.@fredy